Inilah Tips Jitu Bagi Anda Yang Ingin Menghemat Listrik

JABARNEWS | BANDUNG – Sebagian dari kita mungkin ada yang dapat tertidur lelap dengan keadaan kamar yang gelap, namun tak sedikit pula mereka yang meraasa takut jika tidur dalam keadaan kamar yang gelap. Jika anda termasuk orang tipe kedua, sadarkah anda jika kebiasaan tersebut sangat berperan dalam menambah jumlah angka dalam tagihan listrik? Tanpa anda sadari, kebiasaan-kebiasaan kecil pun dapatt membuat tagihan listrik jadi membengkak.

Berikut di bawah ini adalah tips mudah dan jitu yang bisa anda coba dalam menghemat listrik, diantaranya:

1. Gunakan TV LED Atau LCD

Jika anda masih menggunakan TV tabung, maka sebaiknya anda beralih menggunakan TV LED. Hal tersebut memang sudah terbukti, jika TV tabung menyedot lebih banyak listrik dari TV LED maupun LCD. Walaupun ketika membeli harganya memang mahal, tapi untuk biaya jangka panjangnya akan lebih murah.

Baca Juga:  Banjir Rendam Ribuan Hektar Tambak Ikan di Indramayu, Adakah Asuransi?

Namun perlu anda ingat, matikanlah TV jika anda akan beranjak tidur. Selain jadi lebih hemat, suara dan cahaya yang berasal dari TV akan mengganggu kualitas tidur anda.

2. Ventilasi Udara Yang Baik

Hal yang satu ini mungkin membuat bertanya-tanya bukan? Ventilasi yang baik akan membuat aliran udara dan angin semakin lancar di rumahmu, terlebih lagi jika suhu ruangan rumah sering terasa panas. Efeknya anda tak perlu lagi sering-sering memakai AC ataupun kipas angin. Oleh karena itu pada pagi dan siang hari, disarankan agar anda membuka pintu dan jendela dalam waktu yang lama agar pada malam harinya udara akan terasa sejuk.

Baca Juga:  Silahkan Daftar! Penerima Kartu Prakerja Dapat Fasilitas Ini

3. Mengganti Lampu Dengan Lampu LED

Sama seperti TV LED, walaupun lampu LED terbilang lebih mahal dari lampu biasa, namun konsumsi listriknya akan lebih kecil dan juga hemat. Saat ini sudah banyak bermunculan lampu LED yang terang dan juga memiliki tingkat kehangatan bervariasi yang bisa anda sesuaikan dengan selera anda.

4. Matikan Power Terminal Ketika Tidak Digunakan

Hal kecil inilah yang sering dilupakan oleh banyak orang. Ketika anda akan pergi, usahakan untuk mengecek terlebih dahulu terminal atau terminal T yang ada di rumah anda. Cabut steker yang tidak terpakai seperti charger laptop atau HP, atau anda pun dapat mematikan tombol daya di terminal.

5. Tambahkan Handuk Kering Ketika Mengeringkan Baju Di Mesin Pengering

Jika anda ingin mengeringkan cucian, jangan lupa untuk menambahkan handuk kering ke dalam mesin cuci. Kenapa? Karena handuk kering dapat dengan mudah menyerap air dan membuat cucian anda menjadi cepat kering. Semakin cepat anda menggunakan mesin pengering baju, maka semakin hemat pula listrik yang dikeluarkan. Jika anda tak terlalu terburu-buru dalam mengeringkan cucian, akan lebih baik untuk menjemur secara manual. Selain menghemat, mengeringkan cucian secara manual dapat membuat tubuh anda menjadi sehat.

Baca Juga:  Disnaker Sebut Ada 284 Tenaga Kerja Asing Di Bandung

Nah, itulah tadi tips mudah dan jitu untuk menghemat listrik. Jadi, gimana nih menurut anda? Semoga tips di atas dapat berguna dan bermanfaat bagi anda. (Fin)

Sumber berita ini diambil dari selipan.com

Jabarnews | Berita Jawa Barat