Inovasi Disdik Kota Bandung, Supaya PJJ Gratis Gunakan Jaringan MAN

JABANEWS | BANDUNG – Ditengah pandemi, proses pemebalajaran yang harus dilakukan menggunakan internet (Daring) banyak di perbincangkan terlebih banyak keluhan dari orang tua siswa yang merasa keberatan karena dibebankan kuota untuk mengikuti proses belajar mengajar secara daring tersebut.

Namun, beda lagi dengan yang dilakukan pemerintah Kota Bandung yang tengah melakukan inovasi untuk membuat kemudahan jaringan yang akan digunakan para siswa untuk berkomunikasi dengan guru guna melakukan pembelajaran.

Baca Juga:  Ini Modus Tipu-menipu Bisnis Pulsa

Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bandung sedang mengembangkan konsep Padaringan, atau Pembelajaran dalam Jaringan. Padaringan berupa sistem dalam bentuk Metropolitan Area Network (MAN), yakni jejaring internet berkecepatan tinggi yang bisa menjangkau satu kota.

“Kota Bandung sedang merintis pembuatan jaringan intranet yang dinamakan Padaringan (Pembelajaran dalam Jaringan). Sebanyak 274 SD negeri 3 TK Negeri dan 64 SMP Negeri akan dipasang pemancar yang terkoneksi dengan server di Dinas Pendidikan,” ujar Kepala Disdik Kota Bandung Hikmat Ginanjar di Balai Kota, Bandung, Sabtu (18/7/2020).

Baca Juga:  Jangan Lupa Jika ke Sukabumi Kenakan Benda Ini

Ganjar menerangkan, melalui jaringan tersebut, nantinya guru, siswa, dan orang tua bisa terkoneksi dalam jaringan Padaringan dan bisa mengakses pembelajaran tanpa harus dibebani biaya kuota internet. Dengan begitu, Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) bisa dilaksanakan secara gratis.

Baca Juga:  Sejumlah Ormas di Majalengka gelar Deklarasi Damai

Jaringan tersebut nantinya akan berada di Server Disdik Kota Bandung, dengan begitu, Disdik bisa langsung memantau aktivitas pembelajaran di 274 Sekolah Dasar, 3 TK Negeri dan 64 Sekolah Menengah Pertama. (Red)