Inovasi IPAL Progres Program Citarum Harum Dipuji Luhut Binsar Pandjaitan

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan saat meninjau Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) milik Perumda Tirta Wening Kota Bandung, di Desa Cikoneng, Kecamatan Bojongsoang, Kabupaten Bandung, Selasa (15/3/2022). (Foto: Istimewa).

JABARNEWS | BANDUNG – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan memuji kreativitas dan inovasi yang diterapkan dalam progres Program Citarum Harum.

Luhut menyampaikan pujian itu dua kali dalam kesempatan tersebut. Pertama, yakni saat menanggapi paparan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tentang Kolam Retensi Andir di kawasan Baleendah, dan yang kedua ketika menanggapi usulan Ridwan Kamil tentang kemungkinan dibuat panel surya di lokasi IPAL Bojongsoang.

Baca Juga:  H-1 Larangan Mudik, Menhub dan Puan Maharani Datangi Terminal Harjamukti

“Nah, itu tuh, kerennya Gubernur kalian (Ridwan Kamil). Idenya seketika muncul dalam sekejap,” kata Luhut saat meninjau Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) milik Perumda Tirta Wening Kota Bandung, di Desa Cikoneng, Kecamatan Bojongsoang, Kabupaten Bandung, Selasa (15/3/2022).

Baca Juga:  Miliki Peran dalam Bentuk Karakter Anak, Atalia Praratya Dorong IGRA Ajarkan Pendidikan Agama Sejak Kecil

Pujian yang lain diungkapkan ketika Luhut memperhatikan paparan tentang penataan Kolam Retensi Andir, yang mana kolam retensi itu selain berfungsi sebagai area tengkapan air, juga menjadi area terbuka untuk publik.

Baca Juga:  Begini Cara Warga Bekasi Rayakan Hari Kemerdekaan Ditengah Pandemi Covid-19

Di sekitar Kolam Retensi Andir dibangun taman lengkap dengan tempat duduk. Mendengar paparan itu, Luhut langsung menimpali.