Jendral Gatot Nurmantyo: Nonton G30S/PKI Hak Setiap Warga

JABARNEWS | JAKARTA – Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo menyampaikan menonton film pengkhianatan G30S/PKI adalah hak setiap warga.

“Itu merupakan pembelajaran sejarah, dalam rangka menolak ideologi komunis. Generasi muda harus tahu tentang sejarah. Ini merupakan perintah terhadap satuan di bawahnya,” kata Gatot dalam wawancara dengan tvOne, Minggu (30/9/2018).

Baca Juga:  Mayat Dalam Kardus, Elvina Dibunuh 2 Napi yang Dibebaskan Kemenkumham

“Agar imajinasi mereka sama. Pembelajaran sejarah. Sejarah ini berkaitan dengan ideologi lain yang ingin mengganti Pancasila, yaitu ideologi komunis,” kata dia.

Gatot mengatakan TNI selalu setia kepada NKRI yang berdasarkan Pancasila, UUD 1945. Bagi dia, generasi muda harus tahu sejarah. Dan film G30S/PKI itu menurutnya mengandung nilai-nilai tersebut.

Baca Juga:  LBH Pers: 6 Jurnalis yang Ditangkap saat Demo Sudah Bebas

“Di TNI ada generasi mudanya. Semua di bawah panglima, memanfaatkan momentum saat ini, bahwa Indonesia punya sejarah kelam. Ideologi komunis menggantikan Pancasila, melakukan makar, dengan sangat keji dan biadab,” ujarnya.

Baca Juga:  Perekrutan Calon PMI Ilegal Terungkap, IRT Asal Cirebon Dibekuk Polisi

Masih kata Gatot, apa yang disampaikan Panglima TNI terkait nonton G30S/PKI kepada anggota TNI merupakan instruksi.

Perintah bahwa nonton bareng merupakan hak setiap warga negara itu, landasannya adalah Tap MPR No. XXV yang melarang ideologi Marxisme dan Komunisme. (Vie)

Jabarnews | Berita Jawa Barat