Kapolres Purwakarta Imbau Warga Waspada Bencana Longsor

JABARNEWS | PURWAKARTA – Hujan dengan intensitas yang cukup tinggi kini mengguyur Kabupaten Purwakarta yang kerap menimbulkan bencana, seperti longsor.

Terkait antisipasi ancaman bencana, Kapolres Purwakarta, AKBP Indra Setiawan mengaku sudah berkoordinasi berbagi pihak guna membahas antisipasi penanganan kebencanaan.

“Kami sudah melakukan koordinasi dengan dinas terkait untuk penanganan longsor. Sedangkan untuk anggota Polri selalu siap jika dibutuhkan kapan saja,” ungkap Indra, saat ditemui disela-sela kegiatanya, Rabu (26/2/2020).

Baca Juga:  Sosialisasi Bahaya Narkoba, Polres Apresiasi Langkah Aparatur Desa

Diungkapkannya, Jajaran Polres Purwakarta sebagai pelayan masyarakat selalu siap dan siaga mengambil bagian dalam upaya melakukan penyelamatan jika terjadi bencana alam di seluruh wilayah hukumnya.

“Kami berusaha memberi rasa aman dan nyaman kepada masyarakat, seadainya terjadi bencana,” ujar Kapolres.

Dijelaskannya juga, bahwa perlu disosialisasikan kepada masyarakat dalam menghadapi bencana alam.

Baca Juga:  Diduga Pecah Ban, Sebuah Minibus Oleng Hingga Tabrak Kendaraan Lain

“Kami imbau kepada warga yang lokasi rumahnya berdekatan dengan lokasi bencana, harap berhati-hati dan tetap waspada. Serta meminta masyarakat peka dan waspada terhadap tanda-tanda bencana longsor yang berpotensi muncul,” imbuhnya.

Menurut Indra, bencana longsor tidak terjadi tiba-tiba. Saat hujan deras, khususnya masyarakat yang tinggal di kawasan rawan longsor bisa langsung melakukan upaya mitigasi dengan melakukan pengecekan ada atau tidaknya retakan atau perubahan struktur tanah di sekelilingnya.

Baca Juga:  Keren Nih! Aplikasi Pikobar Bisa Diakses Untuk Penyandang Tuna Netra

“Dicek apakah ada pergerakan tanah, apakah mulai ada tanah yang ikut terbawa aliran air. Kalau ada, mungkin sementara bisa mengamankan diri di kawasan yang bebas tanah longsor. Jika terjadi kejanggalan segera melaporkan ke pihak terkait, dan menghindari tempat-tempat yang rawan bencana alam” paparnya. (Gin)