Kasus Covid-19 Diklaim Terkendali, Bioskop di Bandung Mulai Beroperasi

JABARNEWS | BANDUNG – Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana mengklaim kasus Covid-19 telah terkendali seiring pembukaan bioskop di kota tersebut. Yana tak menampik kota Bandung saat ini masih berstatus zona merah, namun angka reproduksi virus Covid-19 sudah berada di bawah 1.

“Sebetulnya sejak Juni sampai hari ini angka reproduksi virus di Kota Bandung di bawah angka 1,” kata Yana dalam keterangan tertulis, Minggu (11/10/2020) dilansir dari laman CNNIndonesia.

Yana mengatakan, angka reproduksi virus Covid-19 sempat menyentuh angka 1,22 pada 20 sampai 23 September lalu. Menurutnya, kenaikan angka reproduksi ini tak lepas dari tes massif kepada 3 ribuan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan pemerintah kota Bandung beberapa waktu lalu. Sebanyak 10 persen di antaranya ternyata positif Covid-19.

Baca Juga:  Hore! Indonesia Tidak Kena Sanksi FIFA, Tapi...

Namun sejak 24 September, kata dia, angka reproduksi berada di bawah 1.

“Alhamdulillah sejak 24 September sampai hari ini kita di bawah satu. ASN sekitar 320 orang yang positif itu juga rata-rata OTG (Orang Tanpa Gejala). Kemarin pun sudah sembuh semua,” kata Yana menerangkan.

Yana memastikan para pengelola bioskop telah melakukan simulasi dan membuat pernyataan menerapkan standar protokol kesehatan yang sangat ketat agar tidak terjadi klaster baru.

Menurutnya, selama proses simulasi itu standar protokol kesehatan telah berjalan baik. Hanya saja perlu perbaikan dari sirkulasi udara karena berada di ruangan tertutup.

Baca Juga:  PDIP dan PPP Bangun Poros Baru Di Pilkada Kabupaten Sukabumi

“Waktu itu kita minta salah satunya memperbaiki sirkulasi, exhaust, setelah ditinjau lagi memang mereka sudah lakukan,” ujarnya.

Perizinan sendiri, kata dia, telah diberikan sejak bulan lalu. Namun karena proses impor film, bioskop baru resmi dibuka pada 9 Oktober 2020.

Meski telah beroperasi, Yana mengatakan, kunjungan masyarakat ke bioskop masih terbilang sepi. Menurutnya, masyarakat masih khawatir beraktivitas di ruangan tertutup. Apalagi pengunjung bioskop dibatasi 4-5 orang tiap studio.

“Kita juga sangat berhati-hati merelaksasi sektor ekonomi karena tidak hanya menerapkan standar protokol kesehatan saja,” tuturnya.

Yana juga telah meminta pengelola bioskop untuk membuat surat pernyataan apabila tidak menerapkan standar protokol ketat dan menjadi klaster baru, maka bioskop harus kembali tutup.

Baca Juga:  Minimalisir Kecelakan, Polisi Kembali Cek Kelaikan Bus

Sebelumnya sejumlah bioskop di Bandung memutuskan untuk kembali beroperasi pada Jumat (9/10) meski status ibu kota Jawa Barat itu masih zona merah.

Sebanyak 9 dari 15 bioskop telah mendapat izin dari Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kota Bandung. Namun pembukaan bioskop harus memenuhi syarat di antaranya pembatasan jumlah penonton dan jam operasional hingga pukul 20.00 WIB.

Sejumlah bioskop yang buka di antaranya CGV Paris Van Java, Metro Indah Mall, Kings, Ciwalk, dan Cinema Polis Istana Plaza. (Red)