Kasus COVID-19 Tambah Puluhan Ribu dalam Sehari, Jawa Barat Juara Kedua

Ilustrasi Penyebaran Kasus Covid-19. (Foto: Dodi/JabarNews).

Penderita COVID-19 yang sudah sembuh tercatat 4.172.458 orang, bertambah 10.471 orang dari hari sebelumnya. Dengan tambahan paling banyak berasal dari DKI Jakarta 8.300 orang, Jawa Timur 1.053 orang, Banten 418 orang, Jawa Barat 245 orang serta Bali 194 orang.

Kemudian sebanyak 475.034 spesimen dari beragam tes COVID-19 dinyatakan sudah diperiksa, dan 21.404 orang menjadi suspek. Positivity rate spesimen harian 14,58 persen dan tingkat positivity rate orang harian 11,01 persen.

Baca Juga:  48 Orang Lolos Calon Anggota KPU dan Bawaslu, Ini Daftar Namanya

Secara terpisah Epidemiolog Griffith University Australia Dicky Budiman menegaskan seluruh masyarakat perlu ikut menjaga kondisi kesehatan tenaga kesehatan (nakes) tetap prima dalam menghadapi gelombang COVID-19 akibat varian Omicron.

Baca Juga:  Kurang Resiko Penularanan Omicron, Presiden Jokowi Minta Masyarakat Lakukan Ini

“Kalau tidak dibangun dengan baik, ini akan menjadi sebuah gap (jarak) yang besar antara tenaga kesehatan dengan orang yang sakitnya. Karena orang yang sakit Omicron, akan jauh lebih banyak dibandingkan Delta,” kata Dicky, seperti dilansir Antara.

Baca Juga:  Bank BJB Sayangkan Pemberitaan Dugaan Penyelewengan Dana BLT di Bekasi yang Tendensius

Dicky menekankan masyarakat yang abai terhadap protokol kesehatan akan menciptakan ketimpangan besar pada jumlah antara tenaga kesehatan dengan pasien yang sakit, sehingga akan mempengaruhi fasilitas pelayanan kesehatan di rumah sakit.