Kebiasaan Inilah Yang Dapat Membuat Gusi Anda Berdarah

JABARNEWS | BANDUNG – Bagi sebagian yang mengalaminya, Anda mungkin sudah tak asing lagi dengan rasa sakit karena gigi berlubang. Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan gigi menjadi berlubang, dan salah satunya yaitu kebiasaan yang Anda lakukan sehari-hari.

Tak hanya gigi berlubang saja, adapun beberapa masalah mulut yang mungkin saja terjadi karena kebiasaan buruk yang Anda lakukan. Gusi berdarah sering menjadi keluhan umum bagi beberapa orang dan kondisi ini terkadang menyebabkan rasa perih, terutama saat makan atau menggosok gigi. Untuk mengatasi kondisi ini, Anda perlu tahu penyebab gusi berdarah terlebih dulu. Lalu apa saja penyebabnya?

  • Tidak Menjaga Kebersihan Gigi Dengan Baik

    Gusi adalah jaringan yang cukup lunak, gesekan keras seperti menyikat gigi, bisa membuat gusi bengkak dan berdarah. Jarang menyikat gigi juga bisa menyebabkan kondisi yang sama. Oleh karena itu, Anda harus rutin menyikat gigi dengan pasta gigi flouride, sebanyak dua kali sehari. Pilihlah sikat gigi yang berbulu lembut dan berhati-hati saat menggosokkannya pada gigi.
  • Anda Memiliki Gingivitis

    Jarang membersihkan gigi dan mulut memang akan menyebabkan plak dan bakteri menumpuk pada gigi. Seiring waktu gusi Anda bisa memerah, bengkak, mudah berdarah, dan menimbulkan rasa sakit. Kondisi itu termasuk gejala dari gingivitis. Tanpa perawatan, jaringan pada gusi akan rusak dan akibatnya gigi jadi lebih mudah lepas. Jadi, Anda harus menjaga kebersihan gigi dan mulut dengan baik dan benar. Jangan lupa juga rutin memeriksa gigi Anda ke dokter supaya kesehatan mulut selalu terjaga.
  • Merokok

    Seorang perokok dua kali lebih berisiko terkena berbagai penyakit gusi. Kenapa? Bahan kimia dari rokok yang masuk ke tubuh, bersifat racun yang dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh. Akibatnya, tubuh tidak mampu melawan bakteri pada mulut. Selain berisiko besar terkena penyakit gusi, merokok juga memperlambat penyembuhan gusi yang rusak atau terluka. Solusi terbaik, Anda harus menghentikan kebiasaan merokok.
  • Minum Obat Tertentu

    Menggunakan obat tertentu bisa memengaruhi gusi Anda. Contohnya, obat antikejang dan obat pengendali tekanan darah, obat antidepresan dan juga antihistamin. Obat tersebut dapat membuat mulut kering dan gusi jadi lebih mudah berdarah. Konsultasikan pada dokter untuk meresepkan obat lain yang tidak memengaruhi gusi Anda dan perbanyak minum air putih.
  • Suka Makanan Manis

    Cokelat dan permen memang terasa manis dan mengenakan. Namun, sering kali tersangkut pada gigi setelah Anda makan. Jika suka dengan makanan manis, Anda harus rajin untuk membersihkan gigi setelah makan. Sisa makanan bisa menyebabkan kesehatan mulut dan gigi jadi buruk, mudah sekali membuat gusi atau gigi meradang serta mudah berdarah.

Demikianlah tadi beberapa penyebab gusi berdarah yang mungkin belum Anda sadari selama ini. Semoga informasi di atas dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda. (Fin)

Sumber artikel ini diambil dari Hellosehat

Jabarnews | Berita Jawa Barat

Baca Juga:  Erick Thohir Optimistis Pemain Timnas Indonesia Bisa Berprestasi di Piala Dunia U-17