Kemendes Serahkan Satu Paket APD Ke Satgas Covid-19 Jabar

JABARNEWS | BANDUNG – Kementerian Desa (Kemendes) itu memberikan satu paket yang berisi 60 lebih Alat Pelindung Diri (APD), 60 lebih dan 5 kilo Sanitizer kepada Satgas Covid-19 yang ada di provinsi Jawa Barat.

Saat ini, Kemendes baru memberikan 5 paket tersebut kepada 5 provinsi yang ada di Indonesia diantaranya Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, DIY Yogyakarta, dan Jawa Timur.

Baca Juga:  Waduh! Tempat Karaoke Masih Eksis Layani Tamu Saat PSBB dan Ramadhan

Koordinator pendamping desa Jawa Barat, Cecep Kholiludin mengatakan, Kemendes menyerahkan bantuan APD tersebut ke Satgas Covid-19 di Jabar melalui Kepala Dinas DPMD yang notabennya Kepala Divisi keamanan di gugus tugas.

“Kalau di Kementerian desa yang sekarang sedang kita data adalah karena basisnya akan jadi kegiatan Dana Desa,” kata Cecep saat dihubungi jabarnews.com, Rabu (22/4/2020).

Baca Juga:  Saung Kopi Dengan Ornamen Sepeda Bekas Hadir Di Tengah Persawahan

Menurutnya, petugas keamanan Covid-19 itu berjenjang dari mulai dari tingkat provinsi, kabupaten, kecamatan hingga desa. Dengan keterbatasan anggaran, lanjut Cecep, pihaknya tidak bisa berbuat banyak untuk membatu seluruh rewalan di desa.

“Saya dapat 60% data desa sudah membuat relawan Covid-19 di desa-desa banyak tetapi kan kemampuan anggaran karena Kemendes juga kan termasuk Kementerian yang dipotong anggarannya,” jelasnya.

Baca Juga:  Waspada, Pandemi Covid-19 Bikin Penipu Online Makin Gencar

Kendati demikian, Cecep berharap dengan adanya bantuan paket APD dari Kemendes dapat meringankan para relawan dan petugas Satgas Covid-19 dilapangan.

“Tidak banyak yang bisa kami berikan tetapi paling tidak untuk meringankan teman-teman yang bertugas dilapangan khususnya dari Satgas Covid-19 yang ada di Jawa Barat,” tutupnya. (Rnu)