Kepadatan Lalin di Lembang Mencapai Puncak, Ini Langkah Polisi

JABARNEWS | BANDUNG BARAT – Pada libur panjang Tahun Baru Islam 1 Muharram 1442 ini, lalu lintas di kawasan wisata Lembang, Kabupaten Bandung Barat mencapai puncak kepadatan pada Sabtu (22/8/2020) ini.

Kepala Satlantas Polres Cimahi AKP Susanti Samaniah mengatakan sejak Sabtu pagi, arus kendaraan yang menuju kawasan Lembang mulai padat. Kendaraan umumnya memasuki Lembang dari wilayah Bandung.

“Untuk hari ini sudah sangat terlihat ada peningkatan kendaraan, lalu lintas juga sangat ramai. Lebih ramai dibandingkan hari kemarin,” kata Susanti, di sela pengaturan lalu lintas.

Baca Juga:  Waduh, UU Cipta Kerja Disebut Berpotensi Ancam Hutan Adat

Menurut dia, hingga Sabtu siang kepolisian sudah melakukan beberapa kali penarikan kendaraan dengan rekayasa buka tutup arus. Lokasi penarikan kendaraan pun ada di sejumlah titik.

“Untuk di sini (pertigaan Beatrix) saja, sudah tiga kali dilakukan penarikan kendaraan dari bawah (dari Bandung). Dari atas (arah Subang) sudah dua kali. Belum penarikan kendaraan di bawah (di sekitar Farmhouse),” tuturnya.

Baca Juga:  Gak Main-main, Ada Klaster Corona Baru Pemkab Bogor Tutup 30 Pasar

Sejauh ini, terang dia, peningkatan volume kendaraan di kawasan Lembang sudah mencapai 70 persen. Dia memprediksi kepadatan akan terus meningkat hingga sore hari.

“Kami memperkirakan hari ini puncak kepadatan, karena kalau besok, Minggu (23/8/2020), libur terakhir. Umumnya para wisatawan mulai kembali, jadi kemungkinan kepadatan tetap ada tapi sudah berkurang,” katanya.

Meski begitu, Susanti mengatakan, para personel masih tetap akan diplot di titik-titik rawan, termasuk di tempat-tempat wisata. Penempatan personel di Lembang bakal dilakukan hingga Minggu malam.

Baca Juga:  Polisi Deli Serdang Gagalkan Aksi Pencurian Motor

“Kami pasang barier-barier. Parkir-parkir pun kami amankan, supaya kendaraan tidak parkir di bahu jalan. Anggota akan standby sampai besok, Minggu malam,” ujarnya.

Adapun jumlah personel yang diturunkan, terang dia, ada 160 personel dari Polres Cimahi. “Ditambah lagi personel dari Polsek Lembang, juga ada dari Polda Jawa Barat,” ujarnya. (Yoy).