Kokom Komalawati, Sosok Kepala Balai Rehabilitasi Pengemis

JABARNEWS | BANDUNG – Sejak bulan Juli 2019, Balai Rehabilitasi Sosial Eks Gelandangan dan Pengemis (BRSEGP) Pangudi Luhur Bekasi tak pernah berhenti berinovasi dan memberikan pelayanan terbaik. Dan berkomitmen untuk terus melakukan peningkatan.

Komitmen itu dipegang teguh oleh Dra. Kokom Komalawati, M.Si yang diamanahkan oleh Negara menjabat sebagai Kepala Balai milik Kementerian Sosial RI ini.

Kokom sendiri punya prinsip, di mana pun tempat ia berada, harus bisa bermanfaat bagi orang lain.

“Bukan tentang berapa lama menjabat. Namun, berapa besar bisa memberikan yang terbaik untuk orang yang membutuhkan,” ujar Kokom, wanita yang dilahirkan pada 3 September 1966 di Tasikmalaya, Jawa Barat ini.

Baca Juga:  Paham Menko Perekonomian Dinilai Tak Selaras Dengan Presiden Terkait PSBB Jakarta

Ia pun tak pernah menargetkan sesuatu dalam hidupnya. Sama halnya ketika diamanahkan menjadi kepala balai, ia ingin menjalaninya dengan penuh tanggung jawab.

Baginya, jabatan tersebut merupakan pegangan baginya untuk lebih banyak berbuat khususnya untuk para penghuni balai.

Nilai ikhlas dalam bekerja, mengikuti alur, dan menekankan bahwa apa yang dijalananinya bukan hanya tanggung jawab tapi ladang pahala untuk dirinya dan orang lain, selalu diyakininya. Prinsip hidup inilah yang menjadi alasan ia tak pernah merasa mengalami kendala saat meniti karier.

Mengawali karier PNS di Kanwil Departemen Sosial Sumatera Selatan (1992-1997), Kokom merasa pekerjaan yang didapatkannya adalah media untuk mengaplikasikan ilmu yang didapatkan semasa kuliah.

Baca Juga:  GMBI Majalengka Datangi Adira

Karena hal itulah, menurut wanita lulusan jenjang Strata 1 (S1) di Sekolah Tinggi Kesejahteraan Sosial (STKS) Bandung ini, rasa tanggung jawab selalu diterapkan dalam setiap melakukan pekerjaan dan mengambil keputusan.

Dengan prinsip itu pula, Kokom dipercaya berbagai jabatan di berbagai lokasi tugas.

Dari Kanwil Departemen Sosial, Sumatera Selatan (1992-1997), ia pindah tugas ke Kanwil Departemen Sosial Jawa Barat hingga tahun 2000.

Lalu mendapatkan kepercayaan untuk bertugas di Panti Sosial Bina Grahita Ciungwanara Bogor hingga tahun 2007. Kemudian dari tahun 2007 hingga 2014, Kokom kembali berpindah tugas ke Panti Rehabilitasi Sosial Bina Remaja Bambu Apus Jakarta.

Baca Juga:  Ratusan Santri Gerudug DPRD Kabupaten Cirebon, Ini Sebabnya

Kokom juga pernah bertugas di Direktorat Rehabilitasi Sosial Anak, Kementerian Sosial pada tahun 2014 hingga 2016 dan menjabat sebagai Kepala Seksi. Kemudian di tahun 2016 hingga 2018, Kokom dipercaya menjabat sebagai Kepala Seksi di Panti Rehabilitasi Sosial Bina Rungu Wicara Melati Jakarta.

Dan di tahun 2019 menjabat sebagai Kepala Seksi di Rektorat Rehabilitasi Korban Penyalahgunaan Napza. Hingga akhirnya kini Kokom yang telah menyelesaikan pendidikan Strata 2 (S2) di Universitas Muhammadyah Jakarta, menjadi Kepala Balai di BRSEGP. (Red)