Komitmen Resimen Armed 2/1 Kostrad Pukul Genderang Perang Terhadap Narkoba

JABARNEWS | PURWAKARTA – Dalam memberantas peredaran minuman keras (miras) dan narkoba, jajaran anggota TNI dari Resimen Artileri Medan 2/1 Kostrad siap mendukung Polres Purwakarta.

Diketahui, Kabupaten Purwakarta menjadi perlintasan dari beberapa kota untuk menuju ibu kota dan juga penyangga ibukota provinsi Jawa Barat. Sehingga dinilai sudah masuk dalam kategori darurat narkoba, baik jenis ganja, shabu maupun obat-obatan terlarang lainnya, serta miras.

Komandan Resimen Armed 2/1 Kostrad, Kolonel Arm Johanes Toar Pioh, mengatakan, peredaran miras dan narkoba sudah merasuki seluruh sendi kehidupan masyarakat, sehingga harus ada upaya bersama untuk memutuskan mata rantai perdagangan barang terlarang tersebut.

Baca Juga:  Segini Besaran Perjalanan Haji di Tahun 2023

“Saya sangat prihatin terhadap sebagian generasi muda saat ini yang diduga mulai terjerumus narkoba, terutama para pelajar,” ujar Toar, saat ditemui di usai menghadiri pemusnahan miras dan narkotika, di taman Pasanggrahan Pajajaran, komplek kantor Pemkab Purwakarta. Pada Jumat (22/5/2020).

Jika ada anggotanya yang terlibat narkoba, ia menegaskan, akan memberi sanksi tegas, karena seharusnya ikut memberantas, bukannya memberi peluang kepada para pengedar narkoba.

Baca Juga:  Ada Lima Nakes Asal Indramayu Positif Covid-19, Berikut Catatanya

“Jangan kan pakai narkoba, kalau ketahuan mabuk-mabukan dan berjualan miras, kita bakal tindak, apalagi terbukti positif narkoba, saya langsung proses,” tegas perwia TNI AD yang terkenal dengan keramahannya itu.

Dijelaskannya, pencegahan dapat dilakukan sejak dini dimulai dari keluarga, dengan mengawasi setiap anggota keluarga yang sudah beranjak remaja dalam aktivitas sehari-harinya.

“Kalau ketahuan ada anggota kami yang dekat-dekat dengan narkoba, kita akan usir dari asrama, soal urusan pemecatan itu belakangan, yang penting penyakitnya sudah keluar dari tubuh kesatuan kami,” ungkap Toar.

Baca Juga:  Satgas Citarum Harum Bersihkan Eceng Gondok Tumbuh Subur di Waduk Jatiluhur

Jika dibutuhkan bantuan, lanjut dia, pihaknya akan berikan pasukan terbaik untuk perang melawan peredaran miras dan narkoba.

“Kami siap mendukung untuk pemberantasan miras dan narkoba di Purwakarta ini,” ucapnya.

Menurut dia, pemberantasan miras dan narkoba secara berlapis dengan melibatkan semua pihak akan lebih efektif dalam menghadapi para gembong dan pengedar narkoba.

“Sinergitas sepert ini terus kita jalin guna keberhasilan dalam mengamankan NKRI dari bahaya penyalahgunaan narkoba, terutama demi penyelamatan generasi muda generasi penerus Bangsa Indonesia,” pungkasnya. (Gin)