Kopling Motor Kalian Sering Tidak Berfungsi? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

JABARNEWS | BANDUNG – Sebagai komponen yang memiliki fungsi memutuskan energi dari mesin ke transmisi saat akan memasukkan gigi, kopling motor memiliki peran yang penting ketika berkendara.

Selain itu, kopling juga berfungsi membuat motor tetap diam walau dalam keadaan menyala tanpa menetralkan gigi. Hal ini berguna saat berada di tengah kemacetan atau saat menunggu lampu merah. Oleh karenanya, komponen tersebut harus selalu dalam kondisi prima.

Maka dari itu, berikut beberapa penyebab kopling motor tidak berfungsi yakni:

Baca Juga:  Hari Ini, Penutupan Jalan di Kota Bandung Dimulai Dari Pagi, Cek Lokasinya!

Pertama. Plat Kopling Terlalu Tebal – Salah satu penyebab kopling motor tidak berfungsi dengan baik bisa dikarenakan plat kopling terlalu tebal. Hal tersebut but menjadi salah satu penyebab kupling tidak berfungsi.

Dengan begitu ketika kopling kalian tekan, maka akan ada sisia permukaan kampas kopling yang masih menempel ke kopling, sehingga membuat motor akan tetap bisa berjalan.

Kedua. Plat Kopling Bengkok – Di Dalam komponen kopling motor kita tahu bahwa setidaknya ada lima plat kopling yang terpasang. Dan jika salah satu plat tersebut bengkok, biasanya akan menyebabkan kopling tidak berfungsi dengan baik.

Baca Juga:  Dinilai Terlalu Mahal, Tarif Masuk Waduk Cirata Dipertanyakan

Kenapa demikian, karena dalam pemasangan plat kopling hanya memiliki jarak yang sangat kecil. Dengan begitu ketika hal tersebut terjadi maka tetap saja akan ada bagian yang menempel. Dan untuk mengatasinya kalian dapat melakukan overhaul sistem kopling.

Ketiga. Kampas Kopling Habis – Kampas kopling yang habis dapat menyebabkan gesekan antara bingkai plat kopling dengan plat penekan yang karena keduanya berbahan logam. Gesekan antar logam ini yang kemudian menyebabkan plat-plat kopling menempel sehingga kopling tidak berfungsi dengan benar meskipun tuas sudah mentok.

Baca Juga:  Rekrutan Anyar Persib Siap Bersaing Dapatkan Tempat Utama

Tanda-tanda kampas kopling habis adalah kendaraan tak ada tenaga, walaupun sudah berada pada rpm tinggi dan mesin masih menyala walaupun sudah lepas kopling. Putaran mesin tinggi sehingga akselerasinya jelek pun merupakan pertanda bahwa kampas kopling sudah aus parah. (Red)