Lelang Proyek Strategis, Emil Tunggu Surat Resmi Dari Kemendagri

JABARNEWS | BANDUNG – Di tahun 2019 akan ada 40 proyek strategis Gubernur Jawa Barat yang akan difokuskan pada pembangunan infrastruktur dan kepariwisataan. Estimasi anggarannya mencapai Rp 1,5 triliun.

Ke-40 proyek itu di antaranya, revitalisasi Kalimalang, Waduk Darma, Pantai Pangandaran, Situ Bagendit, Situ Ciburuy, Alun-alun Cirebon, Alun-alun Sumedang, Alun-alun Tasikmalaya, Alun-alun Sukabumi, dan Gunung Padang.

Namun, rupanya terdapat evaluasi terkait pelelangan proyek tersebut dari Kementerian Dalam Negeri, di mana lelang harus dilakukan oleh daerah tingkat II sesuai proyek tersebut berada.

Baca Juga:  [INFOGRAFIS] Libur Panjang di Rumah Aja

“Hal itu masih belum resmi atau dituangkan dalam peraturan. Kami masih menunggu surat resminya karena ini baru informasi,” ujar Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, saat ditemui usai rapat Paripurna DPRD Jabar, Jumat (4/1/2019).

Menurut Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, untuk program strategis Gubernur idealnya dilakukan oleh Pemerintah Provinsi agar memudahkan dalam pelelangan dan pengawasannya. Setelah proyek itu tuntas, maka asetnya akan dikembalikan lagi ke daerah tingkat II.

Baca Juga:  Modus Sambal Buat Rampas Motor, Dua Bersaudara Ini Diamankan Polisi

“Idealnya sih sama kita walaupun asetnya ada di tingkat II biar enak juga mengontrolnya. Nanti dikembalikan lagi ke tingkat II setelah proyek selesai, tapi ini masih berlangsung,” jelas Emil.

40 proyek tersebut ditargetkan selesai pada akhir tahun 2019. Emil mengatakan, semua tak hanya pembangunan fisik namun menyentuh ke seluruh dimensi kehidupan.

“Semua dimensi kehidupan juga disentuh seperti pendidikan karakter, desa mandiri, kesehatan, termasuk keagamaan,” ucapnya.

Baca Juga:  Ini Alasan Polisi Sita HP hingga Akun Media Sosial Aiman Witjaksono

Dalam rapat paripurna perdana yang dihadiri pula oleh Wagub Jabar, Uu Ruzhanul Ulum, beragendakan pembukaan masa sidang 2019 dan Penetapan alat kelengkapan DPRD.

Diketuknya palu sidang oleh Ketua DPRD Jabar, Ineu Purwadewi Sundari, menandakan masa sidang 2019 resmi dibuka. Sekretaris DPRD kemudian mengumumkan komposisi keanggotaan tahun ini yang terdiri dari anggota Fraksi, Banggar, Bamus, Badan Kehormatan, dan BP Perda. (Mil)

Jabarnews | Berita Jawa Barat