Luhut Binsar Pandjaitan: Tahun 2025 Indonesia Bisa Punya Mobil Listrik Sendiri

Luhut Binsar Pandjaitan
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. Foto: (Foto: Dok. Humas Setkab).

JABARNEWS | BANDUNG – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan bahwa Indonesia pada 2025 atau 2026 sudah bisa memiliki mobil listrik atau electric vehicle (EV) sendiri karya anak bangsa.

Baca Juga:  Wah! Luhut Binsar Pandjaitan Sebut Pihak yang Samakan Krisis Ekonomi Sri Lanka dengan Indonesia Sakit Jiwa

Menurut Luhut, saat ini Indonesia tengah menarik minat dari beragam pemain EV yang mewakili setengah dari volume produksi global.

Salah satu produsen EV internasional yang tertarik untuk pengembangan EV di Indonesia adalah Geely. Geely merupakan salah satu produsen EV besar internasional asal Tiongkok.

Baca Juga:  Perkuat Perdagangan Elektronik, Jabar Hadirkan Pasar Digital

“Pada 2025 atau 2026 Indonesia sudah bisa memiliki mobil listrik sendiri yang dibuat oleh anak bangsa,” kata Luhut dalam seminar di Jakarta, Kamis (14/9/2023).

Baca Juga:  Rencana Penggunaan Mobil Listrik di Pemprov Jabar, Thoriqoh Nashrullah Fitriyah: Saya Mendukung Tapi Seberapa Efisien?

“Kita sudah berbicara dengan pihak Geely sejak beberapa bulan lalu, dan puncaknya pada dua hari lalu di mana kita menawarkan untuk riset bersama (joint research) untuk membuat mobil EV di Indonesia,” tambahnya.