Mata Kalian Sering Berair? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

JABARNEWS | BANDUNG – Air mata sebenarnya memiliki manfaat untuk kesehatan mata Anda. Salah satu fungsi utamanya adalah melindungi permukaan mata dan menghalangi benda asing masuk ke mata.

Meskipun mata berair adalah hal yang wajar, namun akan menjadi masalah jika mata Anda terlalu banyak memproduksi air mata, atau air mata tidak bisa mengalir keluar dengan baik.

Oleh karena itu dilansir dari banyak sumber kami berhasil merangkum beberapa penyebab air mata sering keluar yakni:

Baca Juga:  ASN yang Nekat Mudik, Menpan-RB Ancam Beri Sanksi

Pertama. Alergi – Salah satu penyebab mata berair yang paling umum adalah alergi. Alergi terhadap paparan serbuk sari, bulu hewan peliharaan, tungau, atau debu dapat menyebabkan mata menjadi merah, gatal, dan berair.

Biasanya, kondisi seperti ini bisa disertai dengan beberapa gejala alergi lainnya, seperti hidung gatal dan berair, kulit merah dan gatal, atau sesak napas.

Kedua. Penyakit autoimun – Penyakit autoimun adalah penyakit di mana sistem kekebalan tubuh menyerang sel-sel tubuh yang lain. Kondisi ini secara tidak langsung dapat menyebabkan iritasi pada mata yang kering.

Baca Juga:  Ini yang Akan Dilakukan Febri Usai Mundur dari KPK

Sehingga timbul reaksi peningkatan produksi air mata. Selain mata berair, penderita penyakit autoimun bisa merasakan keluhan lain, seperti nyeri sendi. Tentunya hal tersebut sangat membahayakan.

Ketiga. Gangguan di kelopak mata – Kelopak mata adalah bagian dari sistem drainase mata. Jika struktur kelopak mata terganggu, air mata tidak akan mengalir secara normal dan mata akan berair. Selain itu, kelopak mata yang kendur akibat penuaan juga dapat menampung air mata dan menyebabkan mata terus berair.

Baca Juga:  Melihat Hal Ini, Pemkot Bandung Pasrah

Untuk mencegah mata berair, pastikan Anda tidak menyentuh mata dengan tangan yang kotor. Rajinlah mencuci tangan, terutama setelah beraktivitas di luar ruangan. Anda juga sebaiknya tidak mengucek mata terlalu keras dan menyentuh mata dengan handuk atau tisu yang tidak terjamin kebersihannya. (Red)