Mengenal Ciri Rumah Sehat Yang Nyaman Untuk Dihuni

JABARNEWS | BANDUNG – Dari sekian banyak rumah, ada beberapa ciri rumah sehat yang bisa kalian ketahui. Dengan begitu, kalian jadi bisa mengetahui tandanya. Sehingga kalian bisa mengaplikasikan hal tersebut.

Untuk mengetahui ciri rumah sehat, ada beberapa hal yang mesti kalian ketahui terlebih dahulu. Hal ini tentunya akan bermanfaat bagi kalian. Terutama bagi orang yang berencana membangun rumah dan membutuhkan banyak referensi.

Oleh sebab itu berikut beberapa ciri rumah sehat dan nyaman untuk dihuni yakni:

Baca Juga:  Hasil Kajian KPK 82% Calon Kepala Daerah Didanai Sponsor

Pertama. Halaman luas dan banyak pepohonan – Rumah dengan halaman yang luas dan banyak pepohonan merupakan salah satu ciri rumah sehat. Halaman yang luas bisa membuat anak-anak bebas bermain.

Pohon yang tertanam bisa memberikan oksigen yang baik untuk kesehatan tubuh. Untuk itu, jika kamu hendak membeli rumah, pilih rumah dengan halaman yang luas. Lebih baik ukuran rumah kecil, tapi halamannya luas, daripada sebaliknya.

Kedua. Ventilasi & sirkulasi udara yang baik – Ventilasi dan sirkulasi udara yang baik juga menjadi syarat untuk membuat rumah sehat. Rumah dengan ventilasi atau sirkulasi udara yang gak bagus biasanya akan terasa pengap dan lembab.

Baca Juga:  Ingat, Hari Ini Pengumuman Pasangan Calon Pilkada 2020 Lewat Website

Tentunya gak bagus untuk pernapasan penghuni rumah. Ukuran ventilasi yang tepat paling tidak sebesar 10% dari total luas lantai di masing-masing ruangan. Jangan lupa juga untuk membuka jendela dan ventilasi lainnya di pagi hari supaya udara dan cahaya matahari sehat masuk ke dalam rumah.

Ketiga. Air bersih dan sanitasi lingkungan – Sumber air yang bersih dan segar pastinya dibutuhkan oleh setiap rumah. Untuk itu, penting memperhatikan sanitasi air di dalam rumah supaya rumah tetap sehat dan gak kotor.

Baca Juga:  Diam Di Rumah Lawan Covid-19, Emil: Bentuk Bela Negara

Idealnya, air di dalam rumah harus tersedia dengan kapasitas 60 liter/hari/orang. Sanitasi air juga gak kalah penting. Rawat selokan yang jadi jalur pembuangan air di rumah supaya air lancar mengalir tanpa ada genangan dalam waktu lama, terutama saat musim hujan. (Red)