Mengenal Tanda Kerusakan Yang Terjadi Pada Radiator Motor

JABARNEWS | BANDUNG – Radiator memiliki peranan penting untuk menjaga suhu mesin motor tetap ideal. Cairan radiator bekerja dengan menyerap panas berlebih yang dihasilkan oleh jantung penggerak.

Hanya saja, terkadang banyak pemotor yang kurang begitu peduli dengan bagian satu ini padahal ketika radiator bermasalah, maka akan ada efek negatif yang bakal menyengsarakan sang pemilik motor itu sendiri.

Baca Juga:  AHY dan Airlangga Besok Akan Bertemu, Ada Apa?

Oleh sebab itu dilansir banyak sumber kami berhasil merangkum beberapa tanda radiator motor rusak yakni:

Pertama. Air dalam Reservoir Cepat Habis – Ada beberapa tanda atau ciri saat radiator motor mulai mengalami masalah, yang selanjutnya akan rusak jika Anda biarkan.

Contohnya air dalam reservoir jadi lebih cepat habisnya lantaran proses pendinginan yang ada di dalamnya tidak berfungsi optimal. Sehingga mengakibatkan cairan gampang menguap.

Baca Juga:  Abad Ke-13, Kota Pamatan Hilang Setelah Letusan Gunung Samalas Lombok

Kedua. Sistem Pendingin Kurang Optimal – Selain itu, kurang optimalnya sistem pendinginan juga menjadi salah satu ciri-ciri radiator motor rusak. Penyebabnya adalah tutup radiator tidak rapat. Oleh karena itu udara bisa masuk ke dalam.

Baca Juga:  Tiga Bapaslon Pilkada Kabupaten Sukabumi Dirawat di RSHS Bandung

Ketiga. Kerusakan pada Bearing Pompa – tanda-tanda radiator motor rusak yang selanjutnya yaitu bearing pompa mengalami kerusakan, sehingga akan menimbulkan suara atau bunyi seperti gesekan.

Ketika bunyi itu semakin terdengar keras, maka hal tersebut menandakan kalau seal pada bagian pompa radiator mengalami jebol. Maka dari itu kalian harus pintar-pintar dalam mengecek kondisi radiator. (Red)