Menyimak Aksi Teatrikal dan Aksi Lukis di Pendopo DPRD Cimahi

JABARNEWS | CIMAHI – Forum Pelukis (Forkis) Kota Cimahi menggelar aksi teaterikal dan menampilkan aksi melukis di tempat, di Pendopo DPRD Kota Cimahi, Senin (24/8/2020).

Aksi tersebut dilakukan dalam rangka peringatan Hari Kemerdekaan RI ke-57. Dalam aksi itu, pelukis asal Cimahi, Bahar Malaka didaulat membuat 17 karya lukis diiringi 8 lagu nasional dalam waktu 45 menit.

Hal itu sebagai simbol dibacakannya teks proklamasi pada tanggal 17 bulan 8 tahun 1945. Hasil karya 17 lukisan abstrak cat di atas kanvas itu kemudian dilelang dan hasil penjualannya digunakan untuk kegiatan sosial.

Baca Juga:  Dedi Mulyadi Sambangi Pejuang Kemerdekaan RI Yang Penuh Sarang Peluru

“Kami pelaku seni di Cimahi turut serta memperingati Hari Kemerdekaan dengan menggelar acara ini. Tema 17-8-1954 dalam melukis on the spot ini sengaja untuk mengingatkan kita bahwa kemerdekaan ini dimulai,” kata Bahar.

Baca Juga:  Megawati Ngaku Dirinya Paling Cantik dan Karismatik, Ternyata...

Kegiatan tersebut, terang dia, juga untuk mengingatkan pemerintah agar senantiasa memberi ruang kreasi kepada para pelaku seni.

Bahar berharap, ruang maupun event besar pameran karya seni seniman dan perupa asal Cimahi bisa terus menjadi perhatian pemerintah.

“Banyak perupa dan pelukis Kota Cimahi yang karyanya dihargai mancanegara, tetapi ruang maupun pameran sangat terbatas,” ucap pelukis eksentrik penggemar Bob Marley itu.

Baca Juga:  Bima Arya Bersama OPD Kota Bogor Susur Sungai Ciliwung, Ini Yang Dilakukan

Pada kesempatan itu, turut hadir Wakil Walikota Cimahi Ngatiyana. Puluhan masyarakat juga antusias menyaksikan aksi dari Forkis tersebut.

“Saya mengapresiasi dan kagum dengan apa yang sudah dilakukan pelaku seni Kota Cimahi. Tentu Pemkot Cimahi akan selalu memberi ruang pembinaan bagi pelukis muda agar terus berkreasi dan mengembangkan bakatnya,” kata Ngatiyana. (Yoy)