Miliki Panorama Alam Eksotis, Kecamatan Sukasari Jadi Tujuan Wisata di Purwakarta

JABARNEWS | PURWAKARTA – Kecamatan Sukasari yang merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten Purwakarta ini memiliki keindahan tersendiri. Gunung-gunung yang menjulang tinggi serta panorama alam yang masih asri di wilayah itu, bisa dikembangankan menjadi destinasi wisata baru.

Wilayah yang berada di ujung barat Kabupaten Purwakarta itu memiliki potensi pariwisata yang cukup melimpah. Sebut saja salah satunya, keberadaan beberapa Curug (air terjun) yang terdapat beberapa titik di lokasi tersebut.

Pembina Komunitas Pencinta Alam Sukasari (Kompas), Mochamad Aripin mengatakan, dulu tak banyak orang yang tahu jika daerah yang berada paling ujung Waduk Jatiluhur ini memiliki panorama alam yang cukup eksotis.

Baca Juga:  Tetap Harus Patuh Protokol Kesehatan, Walau Sudah Divaksin

“Di Kecamatan Sukasari selain banyak perawan, tapi banyak hutan yang masih perawan juga. Maka kami ingin menjadikan kecamatan ini sebagai tujuan wisata,” papar Aripin, saat ditemui di Purwakarta, Sabtu (4/7/2020).

Dijelaskannya, di masa new normal atau Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) ini hampir setiap akhir pekan, banyak warga yang sengaja datang ke kecamatan tersebut untuk sekedar menikmati panorama alam yang ada di wilayah ini.

Baca Juga:  Tiga Astronot kembali ke Bumi dengan Selamat

“Ada beberapa lokasi alam yang mulai banyak dikunjungi wisatawan. Di antaranya, Curug Jayanti di Kampung Cisaat Desa Sukasari, Curug Tilu dan Curug Cikanyayan di Desa Ciririp. Selain curug dan pegunungan, ada juga beberapa lokasi yang sering dijadikan lokasi camping. Seperti Tampian (Pelabuhan) Perahu di Cilipa Desa Sukasari, yang lokasinya persis di tepi Waduk Jatiluhur,” ungkap Aripin.

Baca Juga:  PKB Usulkan Hal Ini Dalam Revisi RUU Pemilu

Tak hanya itu, sambung dia, ada juga wisata alam yang belum banyak diketahui masyarakat, seperti Curug Cimata Indung di Desa Sukasari, Curug Tujuh Cibodas di Desa Parungbanteng,

Curug Pangbalikan di Desa Kertamanah, pendakian Gunung Haur di Desa Kutamanah dan Gunung Cihonje di Desa Kertamanah

“Pokoknya, di wilayah kami banyak terdapat potensi pariwisata yang bisa dikembangkan,” papar Aripin. (Gin)