Minim Peserta, Deklarasi Damai Pemilu 2019 Di Purwakarta

JABARNEWS | PURWAKARTA – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Purwakarta menggelar Deklarasi Damai Pemilu 2019, di Taman Surawisesa, Kawasan Wisata Situ Buleud, Kabupaten Purwakarta, Minggu (18/11/2018).

Pantauan di lapangan, deklarasi ini minim peserta. Dari 16 parpol peserta Pemilu 2019 di Purwakarta, hanya 4 parpol yang yang menghadiri Deklarasi Damai tersebut, yaitu Partai Perindo, Garuda, PKB, dan Golkar.

Baca Juga:  Ini Pesan Robert kepada Pemain Persib Saat Di Ruang Publik

Bahkan, Pimpinan DPRD dan Kejaksaan setempat pun absen tanpa alasan yang jelas. Sementara dari jajaran Muspida, hadir mewakili Bupati Purwakarta, Kepala Kesbangpol; Kapolres Purwakarta; dan Dandim Purwakarta yang diwakili Kasdim.

Padahal, terciptanya Pemilu 2019 damai menjadi sebuah impian seluruh unsur masyarakat, terlebih bagi Bawaslu dan KPU sebagai pihak penyelenggara pemilu.

Baca Juga:  Sapi Kurban Masuk Sumur Sedalam 20 Meter

“Tidak ada keterangan atas ketidakhadiran yang bersangkutan, padahal undangan sudah disebar sejak H-3. Hari Kamis lalu,” ujar Ketua Bawaslu Purwakarta, Ujang Abidin, kepada awak media.

Sementara, Ketua Komite Independen Pemantau Pemilu (KIPP), Hikmat Ibnu Aril, yang hadir pada deklarasi tersebut berkomentar, mudah-mudahan ketidakhadiran tersebut bukan berarti parpol tidak mendukung deklarasi damai dan poin-poin yang dideklarasikan.

Baca Juga:  Mahasiswa Unla Laksanakan KKNM di Sukamiskin Bandung

“Dalam hal kegiatan-kegiatan seperti ini. Mestinya, parpol antusias dan tampil terdepan. Deklarasi ini merupakan bagian dari pendidikan politik untuk masyarakat. Parpol punya tanggung jawab yang besar,” kata Aril sapaan karibnya. (Gin)

Jabarnews | Berita Jawa Barat