Mulai Sore, Sejumlah Ruas Jalan Di Purwakarta Ditutup

JABARNEWS | PURWAKARTA – Sejumlah ruas jalan di Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat rencananya akan ditutup sementara sejak pukul 17.00 WIB, yang dimulai hari ini, Jum’at (10/4/2020).

Ruas jalan yang ditutup sementara sejak sore hari tersebut seperti di kawasan sekitar Taman Situ Buleud atau Sri Baduga sekaligus menindaklanjuti terkait pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

Penutupan sementara ruas jalan dikawal ketat oleh Dinas Perhubungan bersama Satuan Lalu Lintas Polres Purwakarta dan Satpol PP.

Kasatlantas Polres Purwakarta, AKP Zanuar Cahyo Wibowo mengungkapkan kegiatan yang dilakukan saat ini bukan merupakan pembatasan kendaraan melainkan penutupan sementara menindaklanjuti terkait pembatasan sosial berskala besar (PSBB)

Baca Juga:  Agar Tetap Lestari, Waldjinah Buka Sekolah Keroncong

“Jalan yang ditutup sementara karena banyak warga yang nongkrong dan berolahraga sore sehingga kami coba tutup arus kendaraan,” katanya.

Rencana penutupan sementara sejumlah ruas jalan ini yakni pada Jumat dan Sabtu. Ketika disinggung terkait jalur alternatif, Kasatlantas menyebut ada jalan lain yang bisa dilalui warga atau pengendara yakni untuk yang dari arah Munjul bisa lurus ke Jalan Ring 2 karena ada arus lalin yang tersedia.

Baca Juga:  Berikut Ini Pesan Bima Arya Soal Penyaluran Bansos Di Bogor

Diberitakan sebelumnya, sejumlah wilayah di Kabupaten Purwakarta bakal menerapkan physical distancing atau pembatasan pertemuan orang per orang di luar rumah di sejumlah titik area publik yang biasa dijangkau warga untuk memutuskan mata rantai penyebaran virus corona (Covid-19).

“Penutupan sejumlah ruas jalan bakal ditutup pukul 19.00 WIB hingga 24.00 WIB. Untuk tahap sebagian penggal jalan yang ditutup yakni jalan Sudirman tepatnya di kebon jahe hingga perempatan BTN,” jelas pria yang akrab disapa Bowo, saat ditemui di Mapolres Purwakarta, pada Selasa (31/3/2020).

Baca Juga:  Mantap, Polisi Ubah Imej Di Mata Anak

Dijelaskannya, penutupan jalan ini bertujuan untuk mengurangi pergerakan masyarakat terutama pada malam hari. Pasalnya di kawasan tersebut banyak cafe, pertokoan dan untuk mengurangi kerumunan massa.

“Kami akan tebarkan personel untuk pembatasan kendaraan maupun orang, jadi sehingga tidak ada lagi masyarakat yang berkumpul pada malam hari mencegah penyebaran Covid-19 di kabupaten Purwakarta,” ungkap Bowo.

Penutupan sejumlah ruas jalan ini, lanjut dia, bakal dilakukan hingga batas waktu darurat dalam mengantisipasi penyebaran Covid-19 ini. (Red)