Nadiem Makarim Sebut RUU Sisdiknas Jadi Solusi Peningkatan Kesejahteraan dan Kualitas Guru, Benarkah?

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim. (Foto: Kemendikbud).

JABARNEWS | BANDUNG – Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim mengatakan bahwa Rancangan Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional (RUU Sisdiknas) adalah jawaban bagi keluhan banyak guru kepada Kemendikbudristek.

Dia mengaku bahwa selama beberapa tahun terakhir, pihaknya berupaya mencari solusi bagi para guru yang sudah bertahun-tahun menunggu tunjangan profesi, tetapi masih harus antre bahkan tidak mendapatkannya hingga pensiun.

Baca Juga:  Seperti Istana Bogor, Pemprov Jabar Berencana Pelihara Rusa di Gedung Sate

“Jadi sebetulnya, RUU Sisdiknas ini adalah kabar gembira bagi semua guru. Saya ingin sekali ketemu dengan semua guru, berbicara secara langsung dan menjelaskan betapa besarnya potensi RUU Sisdiknas untuk meningkatkan kesejahteraan para guru,” kata Nadiem Makarim dalam keterangan yang diterima, Senin (12/9/2022).

Baca Juga:  Keren, SMKN 14 Kota Bandung Terpilih Jadi Sekolah Pusat Keunggulan oleh Kemendikbudristek

Dia menyampaikan ada beberapa terobosan kesejahteraan guru dalam RUU Sisdiknas. Pertama, RUU Sisdiknas menjamin guru-guru yang sudah menerima tunjangan profesi akan tetap menerimanya hingga pensiun.

Baca Juga:  Begini Cara Dandim 0619/Purwakarta Ingatkan Masyarakat Tentang Protokol Kesehatan

Saat ini, lanjut Nadiem Makarim, ada sekitar 1,3 juta guru yang sudah menerima tunjangan profesi. Nadiem menegaskan bahwa para guru ini dijamin akan tetap menerima tunjangan profesi yang sudah diberikan hingga pensiun, hal tersebut diatur dalam dalam pasal 145 ayat (1) RUU Sisdiknas.