Namanya Diabadikan Sebagai Nama Jalan di Kota Bandung, Siapa Mochtar Kusumaatmadja?

Prof. Dr. Mochtar Kusumatmadja. (Foto: unpad.ac.id).

JABARNEWS | BANDUNG – Nama Prof. Dr. Mochtar Kusumatmadja diabadikan menjadi nama jalan di Kota Bandung. Jalan Pasupati rencananya hari ini bakal berganti nama menjadi jalan Mochtar Kusumatmadja.

Meski begitu, Pemda Provinsi Jawa Barat tengah memproses pengusulan Prof. Dr. Mochtar Kusumatmadja agar dapat ditetapkan sebagai salah satu pahlawan nasional pada 2022.

Baca Juga:  Kemenangan Tommy Soeharto Di PTUN Jakarta Bikin Muchdi PR Bereaksi Lakukan Ini

Upaya untuk meyakinkan Pemerintah Pusat terus dilakukan, salah satunya dengan menamai jalan layang nasional Pasupati di Kota Bandung, menjadi Jalan Mochtar Kusumaatmadja.

Baca Juga:  Anne Ratna Mustika Sebut Pelayanan Kependudukan Paling Banyak Diserbu Warga Purwakarta

Selain menghadirkan sosok Mochtar dalam berbagai artefak penting di Indonesia, tokoh Jabar ini yang telah diakui dunia internasional dan hingga kini jejak perjuangannya tercatat apik dalam sejarah bangsa Indonesia.

Bukan tanpa alasan Mochtar Kusumaatmadja diusulkan menjadi pahlawan nasional. Sejarah menceritakan bahwa Mochtar telah berjuang selama 25 tahun melalui jalan diplomasi untuk menegakkan kedaulatan Indonesia melalu konsep Negara Kepulauan (Archipelagic State) yang pada 1957 telah mendapat legalitas di Deklarasi Djuanda.

Baca Juga:  Ini Harapan Anies Baswedan Pada Pengurus Baru AMSI DKI Jakarta