Ngeri! Napi Baru di Lapas Sukamiskin Harus Sungkem Dulu ke Setya Novanto

Eks Ketua DPR Setya Novanto (Setnov). (Foto: Dok. KPK).

JABARNEWS | BANDUNG – Kalapas Sukamiskin, Bandung, Elly Yuzar mengungkapkan perselisihan Eks Ketua DPR Setya Novanto (Setnov) dengan eks Sekretaris Mahkamah Agung (MA), Nurhadi di Lapas Sukamiskin Bandung.

Dikutip JabarNews.com dari berbagai sumber, Elly mengatakan, awal mula perselisihan yang terjadi antara mantan Setnov dengan Nurhadi akibat berbeda Kultur, Nurhadi merupakan penghuni baru di Lapas Sukamiskin. Sedangkan Setnov, dianggap sebagai salah satu sosok yang disegani karena penghuni lama.

Baca Juga:  Jabar Kirim 558 Pramuka Terbaik ke Jambore Nasional, Ini Harapan Uu Ruzhanul Ulum

Menurut Elly, Biasanya ada budaya para penghuni baru diwajibkan untuk ‘kulonuwun’ atau permisi ke narapidana yang sudah lama, salah satunya Setnov.

Baca Juga:  Sekelompok Pemuda Mabuk di Bogor Keroyok Penghuni Indekos, Ini Penyebabnya

“Bagi orang-orang yang baru masuk, mereka kan cari pergaulan di dalam, siapa yang harus ditemui, sungkem sana, sungkem sini, kan begitu. Kulonuwun lah begitu. Jadi Pak Nurhadi itu Kulonuwun lah. Seperti orang-orang yang lain,” kata Elly, Rabu (2/3/2022).

Baca Juga:  UMP Jabar Naik, Setiawan Wangsaatmaja Minta Kabupaten Kota Perhatikan Hal Ini

Lebih lanjut, kata Elly, Nurhadi ternyata enggan mengikuti kultur ‘kulonuwun’ tersebut. Nurhadi gengsi untuk permisi atau ‘kulonuwun’ kepada Setnov.