Pariwisata Purwakarta Tiga Terbesar di Jawa Barat

JABARNEWS | PURWAKARTA – Sektor pariwisata di Kabupaten Purwakarta mengalami lompatan prestasi yang cukup jauh sejak dua tahun terakhir. Hal itu diklaim Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jabar, Ida Hernida. Atas prestasi tersebut, kini pariwisata Purwakarta masuk tiga besar dengan tingkat kunjungan wisatawan tertinggi di Jawa Barat.

“Setahun kemarin saja, wisatawan yang datang ke Purwakarta lebih dari 2 juta jiwa. Dimana setiap minggunya mencapai 30 ribu wisatawan. Ini luar biasa. Mengingat, Purwakarta merupakan daerah terkecil kedua di Jabar,” ujar Ida, saat berkunjung ke Puwakarta, beberapa waktu lalu.

Baca Juga:  Ceroboh Saat Nyalip, Pemotor Ini Kena Senggol Truk Lalu Tewas

Ida menambahkan, kunci keberhasilan ini salah satunya adalah pembangunan infrastruktur pariwisata seperti objek-objek pariwisata milik pemerintah. Di antaranya, Taman Air Mancur Sri Baduga, Bale Panyawangan Diorama Nusantara, Galeri Wayang, dan sebagainya.

Kemampuan Bidang Pariwisata memfasilitasi karya inovasi anak muda Purwakarta dengan menghadirkan aplikasi Pariwisata berbasis android bernama ‘SAMPURASUN’ juga patut ditiru kabupaten/kota lain di Jawa Barat.

Swasta juga menjadi aktor yang sangat berperan dalam pembangunan beragam destinasi wisata baru di Purwakarta. Seperti Giri Tirta Kahuripan, Cikaopark, Alam Sari Wates dan lainnya.

Baca Juga:  Ini Cara Praktis dan Mudah Cek Sertifikat Tanah

Kepala Bidang Pariwisata dan Kebudayaan, Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan (Disporparbud) Kabupaten Purwakarta Heri Anwar, mengatakan, yang tidak kalah penting adalah peran masyarakat khususnya generasi muda yang sudah mulai aware terhadap pariwisata.

“Peran ini ditunjukan salah satunya dengan promosi yang di lakukan melalui media sosial dan hadirnya akun-akun sosial media yang concern terhadap promosi pariwisata Purwakarta, seperti akun @explorepurwakarta @purwakarta.banget @amazingpwk dan lain sebagainya,” ujarnya, Rabu (18/7/2018).

Baca Juga:  Tinjau Warga Terdampak Bencana Di Tasikmalaya, Ini Imbauan Wagub Jabar

Begitupun dengan peran para anak muda lokal dalam menciptakan destinasi wisata. Misalnya destinasi wisata River Tubing @ngaprakriver di Wanayasa Purwakarta yang diinisiasi dan dikelola anak muda desa tersebut hingga membuka lapangan pekerjaan bagi pemuda setempat.

“Semoga pariwisata Purwakarta dapat terus berkembang dan memberikan manfaat yang positif penuh kesyahduan bagi masyarakat Purwakarta,” harap Heri. (Gin)

Jabarnews | Berita Jawa Barat