Pemerintah Resmi Lanjutkan Program Prakerja pada Tahun 2024, Catat Tahapannya

Airlangga
Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. (Foto: Istimewa).

“Di tahun 2023 saja dengan skema normal, angka kepesertaan lebih tinggi 14,29 persen dari target awal, dampak mengenai peningkatan peluang kerja ini juga dikonfirmasi oleh studi Definit dari ADB di mana angkanya mencapai 95 persen,” jelas Menko Airlangga.

Program Prakerja juga mendapatkan dukungan dari berbagai penelitian evaluasi dampak, termasuk studi Presisi yang mencatat peningkatan pendapatan per bulan bagi penerima program.

Baca Juga:  VIDEO: Airlangga Acungkan Jempol Saat Penuhi Panggilan Kejagung Terkait Kasus Korupsi CPO

Berdasarkan hasil evaluasi positif dan komitmen untuk terus memperbaiki diri, diputuskan bahwa program ini akan dilanjutkan di tahun 2024.

Penyelenggaraan Program Prakerja di tahun 2024 akan ditingkatkan kualitasnya dengan adanya moda pelatihan tambahan yang mendukung fleksibilitas dan aksesibilitas, terutama bagi peserta dari Indonesia Timur yang memiliki perbedaan waktu. Salah satu inovasi adalah pengaktifan kembali pelatihan asynchronous, yakni moda pembelajaran mandiri.

Baca Juga:  Golkar Beberkan Alasan Tak Ajukan Kader yang Jabat Menteri Sebagai Bacaleg

Dalam rapat tersebut juga disebutkan beberapa upaya untuk memperkuat Program Prakerja di tahun 2024, antara lain peningkatan kolaborasi dengan lebih banyak pihak, perluasan jangkauan ke daerah terpencil, dan peningkatan kualitas pelatihan melalui penambahan moda pelatihan seperti Self-Paced Learning (SPL).

Baca Juga:  Perang Israel-Palestina, Airlangga Hartarto Pastikan Investasi Berjalan Lancar

Keputusan ini diharapkan dapat memberikan manfaat yang lebih luas bagi masyarakat Indonesia dalam menghadapi tantangan di pasar kerja yang semakin kompetitif. (red)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News