Akses Jalan PLTA Upper Cisokan Rampung, Berikan Manfaat Bagi Masyarakat

Akses Jalan PLTA Upper Cisokan rampung di bangun. (Foto: Istimewa).

JABARNEWS | BANDUNG – PT PLN (Persero) terus memberikan fokus pada pengembangan ekosistem akselerasi energi baru terbarukan (EBT), salah satunya dengan menambah kapasitas pembangkit ramah lingkungan seperti Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA).

Hingga kini, PLN tengah mengerjakan pembangunan PLTA Upper Cisokan Pumped Storage (UCPS) yang berlokasi di perbatasan Kabupaten Bandung Barat dan Kabupaten Cianjur. Meski belum memasuki tahap konstruksi utama, namun infrastruktur pendukung seperti akses jalan telah rampung dikerjakan.

Baca Juga:  PLN Ingatkan Masyarakat, Gunakan Listrik Secara Aman

Akses jalan sepanjang 30 km dengan lebar 12 m dibangun untuk menghubungkan Jalan Saguling menuju ke lokasi proyek. Akses ini digunakan untuk mobilisasi material maupun non material yang dibutuhkan untuk pembangunan PLTA dengan total kapasitas 1.040 Mega Watt (MW) tersebut.

Baca Juga:  Bawa Senjata Tajam, 16 Pelajar Asal Purwakarta dan Karawang Diamankan Polisi

Namun, jalan ini tidak hanya untuk keperluan proyek, tetapi juga digunakan untuk keperluan masyarakat. Terdapat 8 desa di Kabupaten Bandung Barat dapat merasakan langsung manfaat adanya Jalan Akses PLTA Upper Cisokan yaitu Desa Cijambu, Desa Sirnagalih, Desa Cibitung, Desa Sukaresmi, Desa Karangsari, Desa Sarinagen, Desa Cicadas, dan Desa Bojongsalam.

Baca Juga:  Satu Tewas Dalam Kecelakaan Beruntun Libatkan Sembilan Kendaraan di Cianjur, Begini Kronologisnya

Masyarakat sekitar menikmati jalan tersebut dengan nyaman karena menggunakan kualitas aspal yang baik. Mereka dapat menghemat waktu tempuh perjalanan dan biaya transportas. Masyarakat mengakui bahwa keberadaan jalan ini dapat menurunkan biaya transportasi sehari-hari mereka. Bagi pelaku usaha, tentunya penurunan biaya transportasi akan sangat berdampak pada beban produksi.