Pemkot Cimahi Gelar Bazar Pasar Murah, Harga Sayuran Dipotong Rp30 Ribu

JABARNEWS | CIMAHI – Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Kota Cimahi menggelar Bazar Pangan Murah, di Lapangan Cibaligo, Kelurahan Cipageran, Kecamatan Cimahi Utara, Kota Cimahi pada Senin (12/4/2021). 

Bazar Pangan Murah itu ditujukan untuk membantu upaya pemulihan ekonomi masyarakat yang ikut terdampak pandemi Covid-19 di Kota Cimahi.

Dalam Bazar Pangan Murah tersebut, Dispangtan Kota Cimahi bekerja sama dengan Toko Tani Indonesia Cabang Cimahi (TTIC), Pasar Mitra Tani Provinsi Jawa Barat, dan Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Jawa Barat. 

Terdapat beragam produk pangan yang ditawarkan pada Bazar Pangan Murah tersebut, seperti cabai keriting, cabai rawit, minyak goreng, telur, gula, kecap, bawang merah, bawang putih, dan berbagai jenis sayur-sayuran lainnya. 

Baca Juga:  Ingin Jadi Anggota PTPS di Cianjur? Simak Info Ini

Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Cimahi Ngatiyana mengatakan, Bazar Pangan Murah merupakan wujud kepedulian Pemkot Cimahi kepada warga yang turut merasakan dampak dari pandemi Covid-19. 

Selain itu, Ngatiyana mengatakan, kegiatan Bazar Pangan Murah itu juga dilakukan dalam rangka menstabilkan harga kebutuhan pokok menjelang awal bulan suci Ramadhan. 

“Ini adalah upaya untuk meringankan beban masyarakat khususnya dalam menghadapi bulan suci Ramadhan ini. Kebetulan barang-barangnya dijual dengan harga lebih ringan, hanya separuh dari harga pasar,” kata Ngatiyana.

“Salah satunya kalau cabai rawit harga pasarnya Rp90 ribu per kg, di sini dijual hanya Rp60 ribu per kg. Juga termasuk bawang merah hanya Rp25 ribu per kg, jadi masih jauh daripada harga yang ada di pasaran,” ujarnya. 

Baca Juga:  Pancaroba Bisa Lebih Mudah Kena Infeksi Virus, Ini Saran Pakar

Ngatiyana berharap, kegiatan ini dapat membantu masyarakat, terutama masyarakat dari kalangan ekonomi menengah ke bawah, untuk bisa memenuhi kebutuhan pokoknya. 

“Ini upayanya, mudah-mudahan bisa membantu masyarakat, walaupun tidak seluruhnya, kami berbuat apa yang bisa kami perbuat untuk masyarakat. Inilah yang kami sampaikan pada hari ini,” imbuh Ngatiyana. 

Kepala Dispangtan Kota Cimahi Supendi Heriyadi mengatakan, selain untuk menyediakan kebutuhan pangan dengan harga yang terjangkau oleh masyarakat, Bazar Pasar Murah dilaksanakan untuk memotong rantai distribusi bahan pangan.

Baca Juga:  Menuai Banyak Kritikan, Akhirnya Kepgub Pesantren Direvisi

Dengan demikian, petani bisa memiliki keuntungan yang signifikan. Disamping itu, Bazar Pasar Murah dilaksanakan sebagai sarana dan wadah Gapoktan untuk memasarkan komoditas hasil produksi tani.  

“Selain di Kecamatan Cimahi Utara, kegiatan ini akan diselenggarakan untuk wilayah Kecamatan Cimahi Tengah pada 4 Mei 2021 dan wilayah Kecamatan Cimahi Selatan pada 15 Juni 2021 nanti,” katanya.

“Semoga kegiatan ini dapat membantu meredam gejolak harga pangan pokok menjelang Ramadhan dan Idul Fitri 1442 Hijriah,” tukas Supendi. (Yoy)