Peringatan Hari Pramuka, Ini Yang Dilakukan Kwarcab Sumedang

JABARNEWS | SUMEDANG – Menjelang peringatan Hari Pramukan yang ke 59 pada tanggal 14 Agustus 2020 mendatang, Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Kota Sumedang akan menggelar peringatan HUT secara virtual.

Ditengah pandemi Covid-19 sekarang ini Ketua Kwarcab Kota Sumedang H Erwan Setiawan mengimbau kepada tiap-tiap Gerakan Pramukan Kwartir Ranting (Kwarran) dan Gugus Depan (Gudep) se-Kota Sumedang agar melakukan peringatan HUT Pramuka secara sederhana.

“Dalam perayaan Hari Pramuka ke 59 nanti, kami lebih mengedepankan kegiatan sosial kemasyarakat dibanding acara seremonial yang kira-kira beresiko, dengan alasan untuk mencegah penularan covid-19 dan kegaitan dilaksanakan secara virtual,” kata Erwan, Kamis (6/8/2020).

Baca Juga:  Pemilik Kendaraan Suzuki Harus Baca Info Ini

Rangkaian kegiatan yang akan dilaksanakan oleh Kwarcab Kota Sumedang diantaranya; kegiatan Ulang Janji, Ziarah ke Makam Tokoh Pramuka Sumedang dan Upacara Peringatan Hari Pramuka yang dilaksankan secara virtual dan dihadiri oleh beberapa tokoh dan tamu undangan saja.

“Ulang janji atau pengucapan ulang janji yang dilaksanakan pada tanggal 13 Agustus. Ziarah akan dilaksanakan pada tanggal 12 dan 13 Agustus, dan terakhir pelaksanaan Hari Pramuka dilaksanakan di tanggal 14 Agustus secara Virtual,” tuturnya.

Baca Juga:  PSBB, Dishub Cianjur: Masih Ada Kendaraan Datang dari Luar Daerah

Erwan juga menjelaskan alasan Rapat Kerja Cabang (Raker) yang digelar 7 Maret 2020 lalu sempat tertunda karena alasan Covid-19. Ia menegaskan kepada Kwarran dan Gugus tugas untuk tetap melakukan peringatan HUT Pramuka secara virtual saja. Lebih lanjut kata Erwan, kegiatan Jambore yang bisa digelar pada Peringatan HUT Pramuka, kini di pending dulu.

Baca Juga:  The Power Of Netizen, Begini Nasib Shin Tae Yong Setelah Bawa Timnas Indonesia Lolos Piala Asia

“Penyampaian Rekercab belum sempat kita laksanakan karena Covid-19. Selain itu untuk kegiatan Jambore kemungkinan tahun sekarang dipending dulu, insya allah kalau pandemi sudah hilang tahun depan tidak hanya jambore juga raimuna kita gelar,” tandasnya.

Untuk diketahui, Jambore adalah kegiatan yang pertemuan anggota Pramuka yang berusia 11 sampai 15 tahun dan Raimuna adalah kegiatan pertemuan Pramukan yang berusia 16 sampai 20 tahun. (Red)