Pertama Kali Upacara HUT RI Digelar Di Perbatasan Entikong

JABARNEWS | ENTIKONG – Untuk Pertama kalinya di Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Entikong, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat, digelar upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan ke-73. Upacara dimulai di lapangan PLBN Entikong, tepatnya sekitar 20 meter dari Tugu Garuda Pancasila yang menjadi ikon pos lintas batas paling ramai di Kalimantan Barat.

“Peringatan HUT ke-73 RI pada 17 Agustus 2018 ini merupakan pertama kalinya dilakukan di area Pos Lintas Batas Negara Entikong. Sebelumnya upacara detik-detik proklamasi selalu digelar di halaman kantor Kecamatan Entikong,” Kata Kepala Bidang Pengelolaan PLBN Entikong Viktorius Dunand, Jumat (17/8/2018).

Baca Juga:  Cegah Stunting, DPPKB Purwakarta Sosialisasikan 1000 HPK

Pelepasan balon berwarna merah putih usai upacara peringatan kemerdekaan RI ke-73 di Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Entikong, (Foto: Istimewa).

Komandan Kodim 1204 Sanggau Letkol Inf Herry Purwanto bertindak sebagai inspektur upacara yang juga dihadiri Camat Entikong Suparman dan Kepala Bidang Pengelolaan PLBN Entikong Viktorius Dunand. Peserta upacara diikuti para veteran, tokoh masyarakat, karyawan proyek Bina Marga dan Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum, Bea Cukai dan Imigrasi, TNI, Polri, serta siswa SD hingga SMU di sekitar PLBN.

Baca Juga:  Gempa Bumi Magnitudo 4.0 Guncang Nias Utara, Dirasakan Masyarakat Lahewa

“Ya Allah, jadikan detik-detik proklamasi sebagai momentum merekatkan persatuan di antara kami, menuju Indonesia yang maju dan sejahtera. Agar kami dapat memiliki kedamaian, kerukunan, dan persaudaraan, bekerja bersama mewujudkan kesejahteraan merata di seluruh negeri,” demikian doa yang dipanjatkan Kepala Kantor Urusan Agama Entikong, Jafar.

Baca Juga:  Kebebasan Pers, Paus Fransiskus Hormati Wartawan yang Gugur

PLBN Entikong sendiri dikatakan Viktorius merupakan pos lintas batas pertama di Indonesia, beroperasi sejak 1 Oktober 1989, awalnya di bawah naungan Kabupaten Sanggau, kemudian dikelola Provinsi Kalimantan Barat dan kini berada dalam naungan Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) Kementerian Dalam Negeri.

Upacara diakhiri dengan pelepasan ratusan balon berwarna merah dan putih oleh para pelajar ke langit perbatasan Indonesia dan Malaysia. (Mil)

Jabarnews | Berita Jawa Barat