Pesantren Kilat Dilaksanakan Secara Online Di Ciamis

JABARNEWS | CIAMIS – Di tengah pandemi virus corona (Covid-19) saat ini, tidak membuat semangat belajar keagamaan bagi para remaja yang masih duduk di bangku sekolah, yakni melalui Pesantren Kilat.

Sejak memasuki puasa pertama, Ikatan Remaja Mesjid (IRMA) Kabupaten Ciamis telah merancang kegiatan pesantren kilat secara online, dan telah membuka pendaftaran sejak 26 April 2020 sampai 30 April 2020.

Baca Juga:  Presiden Jokowi Ingatkan Politik Tidak Boleh Memecah Belah, Tapi...

Pesantren kilat secara online tersebut dilaksanakan sesuai surat edaran Bupati Ciamis No 005/320-Kesra, tentang pelaksanaan ibadah di Bulan Suci Ramadhan di tengah pandemi Covid 19 di Kabupaten Ciamis.

Untuk menggelar pesantren kilat secara online tersebut, pihak IRMA Ciamis menggandeng DTA Qurrotul Ain. Dimana dalam pelaksanaan pesantren kilat online diisi berbagai tingkatan, yakni tingkat SD, SLTP, SMA sederajat.

Baca Juga:  Pemulung Bacok Pedagang Bakso, Motifnya Bikin Kaget

“Meskipun dilakukan secara online, kelas antara laki-laki dan perempuan akan terpisah, hal itu bertujuan supaya murid tetap fokus saat melaksanakan pesantren kilat,” ujar Ketua IRMA Mesjid Agung Ciamis, Asep Nurul Huda, Rabu Malam (29/4/2020).

Asep menjelaskan materi pembelajaran secara daring itu tersedia kelas Tahfidz, Al-quran, Tauhid, Akhlak, Fiqih, dan Sirah. Adapun teknik pembelajaran pesantren kilat menggunakan aplikasi Zoom, Google Meet dan WhatsApp.

Baca Juga:  Ratusan Petugas Gabungan Disiagakan Amankan Aksi Bela Palestina di Purwakarta

“Metode pesantren kilat secara online ini dipastikan mudah diikuti dan gampang diserap oleh siswa,” jelasnya.

Adapun pelaksanaan pesantren kilat secara online itu akan dilaksanakan pada 1 Mei hingga 20 Mei 2020, dan peserta yang sudah mengikuti pesantren kilat online ini akan di berikan E-Sertifikat. (Tny)