Polri Bakal Terjunkan 148.211 Personel Gabungan dalam Operasi Ketupat 2023

Polri
Kepala Divisi Humas Polri Inspektur Jenderal (Irjen) Pol. Sandi Nugroho. (Foto: Humas Polri).

JABARNEWS | BANDUNG – Polri akan menurunkan sebanyak 148.211 personel gabungan terdiri dari Polri TNI, kementerian/lembaga, serta pemerintah daerah untuk melakukan Operasi Ketupat Idul Fitri 2023.

Kepala Divisi Humas Polri Inspektur Jenderal (Irjen) Pol. Sandi Nugroho mengatakan, berdasarkan perkiraan Pemerintah, akan ada sekitar 123,8 juta orang yang merayakan Lebaran 2023 di kampung halamannya.

Baca Juga:  Berbagai Acara Turut Warnai Peresmian PAC PP Plumbon Cirebon

Jumlah tersebut, lanjut dia, meningkat sebesar 14,2 persen dibandingkan tahun 2022. Pada tahun lalu, terdapat 85,5 juta jiwa merayakan Lebaran di kampung halamannya.

Baca Juga:  Polisi Gunakan Gas Air Mata Kadaluarsa saat Tragedi Kanjuruhan? Ini Jawaban Polri

“Ratusan ribu personel yang akan turun nanti dari Mabes Polri sebanyak 1.240 personel, Polda 91.153 personel, dan instansi terkait 55.818 personel. Kami melakukan bersama-sama agar operasi ini berjalan dengan aman, lancar, dan tertib, sesuai dengan tagline, ‘Mudik Aman dan Berkesan’,” kata Sandi dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (1/4/2023).

Baca Juga:  Omnibus Law Bahas UMKM Bisa Buat PT Secara Online

Menurut dia, peningkatan jumlah pemudik itu disebabkan oleh tidak adanya PPKM, jumlah kasus COVID-19 yang menurun, cuti bersama yang dimajukan, serta persepsi positif masyarakat dan kondisi ekonomi yang membaik.