• Kamis, 21 Oktober 2021

Dibangun di Jalur Sibuk, Proyek Kereta Cepat Jadi Ajang Transfer Teknologi Konstruksi

- Kamis, 14 Oktober 2021 | 20:32 WIB
Pembangunan Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) oleh PT KCIC. (PT KCIC)
Pembangunan Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) oleh PT KCIC. (PT KCIC)

JABARNEWS | JAKARTA – Pembangunan Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) oleh PT KCIC menjadi ajang sharing knowledge atau transfer teknologi bagi SDM di bidang konstruksi dalam negeri.

“Sejak awal pembangunan, proyek KCJB membawa banyak teknologi dan metode-metode baru di bidang konstruksi," kata GM Corporate Secretary PT KCIC Mirza Soraya, dalam keterangannya, Kamis 14 Oktober 2021.

"Hal ini otomatis akan memberikan pengalaman dan pembelajaran bagi perencana pembangunan maupun pelaksana untuk perancangan metode kerja di proyek di Indonesia selanjutnya,” jelasnya.

Baca Juga: Bahas Monev Dana Desa, Gus Menteri Tekankan Proteksi Data oleh Kemendes PDTT

Salah satu transfer teknologi dan pengetahuan yang terjadi dari Tiongkok ke Indonesia melalui proyek KCJB adalah penerapan metode cast in situ. Metode ini merupakan teknik pengecoran langsung di titik proyek secara sekaligus. 

Mirza Soraya memaparkan bahwa cara ini masih baru di Indonesia karena sebelumnya pekerja konstruksi di Indonesia baru menerapkan teknik pengecoran langsung secara bertahap.

“Cast in situ adalah metode cor ditempat langsung 1 span full. Cara ini sudah pernah dilakukan di Indonesia, namun biasanya tidak langsung selesai. Biasanya dicor bertahap sedangkan saat ini cor langsung jadi full,” ujarnya.

Baca Juga: Waspada! 19 Kecamatan di Kota Bandung Berpotensi Tinggi Terdampak Bencana Gempa

Mirza Soraya  juga menekankan jika metode cast in situ memiliki kelebihan dari sisi fleksibilitas pengerjaan yang lebih baik dibanding metode precast yang sering digunakan di Indonesia. 

Halaman:

Editor: Yoyo W

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X