Kunjungi Wisata Setigi di Desa Sekapuk Gresik, Gus Menteri Terpukau dan Bilang Begini

JABARNEWS | GRESIK – Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Abdul Halim Iskandar mengunjungi Wisata Setigi milik Desa Sekapuk, Kecamatan Ujungpangkah, Kabupaten Gresik, Jawa Timur.

Dalam kunjungannya itu, Abdul Halim Iskandar alias Gus Menteri mengapresiasi Desa Sekapuk yang telah berhasil menyulap tempat pembuangan sampah yang kumuh menjadi tempat wisata yang indah dan menarik.

“Inilah yang selalu saya katakan, kalau mau membuat desa wisata buatlah desa wisata alam karena tidak dibatasi umur. Ini sampai anak cucu kita masih senang karena alami,” kata Gus Menteri di Desa Sekapuk, Jumat 15 Oktober 2021.

Baca Juga:  Pandemi COVID-19 Berikan Dampak Gangguan Mental ke Warga Bogor

Baca Juga: Lawan Bhayangkara FC, Persib Gunakan Jersey Ketiga Berwarna Hitam

Baca Juga: Inilah Resep Makanan Roti Pita ‘Bread Khubz’ Yang Memiliki Aroma Sedap

Menurut Mendes PDTT, kompleks wisata Setigi (Selo, Tirto, Giri) di Desa Sekapuk merupakan konsep wisata yang patut dicontoh oleh desa-desa lainnya di Indonesia, karena wisata Setigi memanfaatkan keindahan alam dan menjaga kearifan lokal setempat.

Wisata Setigi merupakan kompleks wisata yang dibangun dari bekas galian tambang batu kapur. Sempat menjadi tempat pembuangan sampah, tapi kemudian disulap menjadi destinasi wisata yang indah dan Instagramable

Baca Juga:  Majukan Persima, Djajang Tekankan Pembinaan

Berkat kreativitas dan inovasi kepala desa, kini wisata Setigi menjadi salah satu wisata favorit di Jawa Timur. Dari wisata Setigi dan unit usaha lain milik BUMDes Desa Sekapuk, laba bersih yang dihasilkan mencapai Rp 9,9 miliar dalam setahun.

Baca Juga: Di Kota Cimahi Pembuatan KK Pasutri Nikah Siri Trennya Lagi Naik, Syaratnya Mudah?

Baca Juga:  Parah! Siswi SMP yang Tawarkan Open BO di Tasikmalaya Mengaku Hanya Bercanda

Baca Juga: Ragam Jenis Tanaman Pembersih Udara Agar Rumah Sehat, Ada Lidah Mertua

“Saya mengajak semua warga desa, sahabat desa untuk datang ke sini, baik itu aparat desa pengurus BUMDes, pengelola desa wisata, di samping berwisata silahkan belajar dari pengalaman Pak Kades Sekapuk dalam melakukan inovasi,” imbuhnya.

Selanjutnya, Gus Menteri yang didampingi sang istri, Lilik Umi Nashriyah diajak meninjau pembangunan desa wisata kedua milik Desa Sekapuk yaitu agrowisata Kebun Pak Inggih atau KPI yang di dalamnya terdapat Monumen Ratu Agro.***