Marak Kontaminasi Mikroplastik dalam Air Minum Kemasan, Begini Kata BPOM

JABARNEWS | JAKARTA – Maraknya kembali perbincangan ihwal kontaminasi dalam air minum kemasan, Deputi Bidang Pengawasan Pangan Olahan pada Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Rita Endang menegaskan sampai saat ini belum ada risiko kesehatan terkait mikroplastik. 

Dalam forum Sosialisasi Keamanan Kemasan Bahan Pangan Berbahan Baku Plastik yang Mengandung Unsur BPA yang digelar secara daring oleh lembaga advokasi konsumen, Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI), awal  Oktober ini, Rita meminta masyarakat untuk bijak. 

BPOM, sesuai tugasnya, tak pernah lepas dari mengawasi segala hal terkait keamanan dan mutu obat dan makanan untuk menjaga kesehatan masyarakat, katanya. 

Baca Juga: Kemendes PDTT Pertahankan Status Badan Publik Informatif, Terima Penghargaan dari Ma’ruf Amin

Menurut Rita, mikroplastik pada dasarnya adalah “unsur serpihan plastik” yang tak kasat mata, ukuran satu hingga lima mikrometer. 

Mikroplastik, katanya, ada di semua unsur plastik jika sampai mengalami degradasi, alias runtuh dari badan polimer, baik karena karena perubahan suhu, gesekan dan sebagainya. 

“Degradasi itu bisa terjadi pada plastik jenis PET, PC, PP,” katanya merujuk pada jenis plastik yang jamak dijumpai di pasaran dalam wujud wadah botol plastik air minum. 

Baca Juga: Robert Alberts: Persib Siap Hadapi PSIS Semarang pada Pekan Kesembilan

Namun, Rita menekankan, fakta itu tak seharusnya membuat publik cemas. “Sampai saat ini, belum ada resiko kesehatan terkait mikroplastik,” katanya. 

Rita merujuk pada maklumat organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang menyatakan belum merekomendasikan pemantauan rutin atas kontaminasi mikroplastik dalam air kemasan. 

Baca Juga:  Kata Ridwan Kamil Inflasi di Sumedang Terkendali, Benarkah?

“Sampai saat ini, belum ada resiko kesehatan terkait mikroplastik,” katanya. 

Baca Juga: Lagi, Kemendes PDTT Kembali Raih Anugerah Badan Publik Informatif

Lebih jauh, dia menyebut bahwa pada 2020, rapat bersama Joint FAO/WHO Expert Committee on Food Additives menyampaikan mikroplastik belum perlu jadi prioritas analisis. 

“Bahkan pada 2021 otoritas keamanan pangan tertinggi Eropa, European Food Safety Authority, juga menyampaikan hal yang sama: (pemantauan rutin) mikroplastik belum menjadi prioritas,” katanya. 

Kontaminasi mikroplastik pada air minum menjadi isu hangat di banyak negara, termasuk Indonesia, setidaknya dalam tiga tahun terakhir.

Baca Juga: Yuk Simak! Cara Memasang Kloset Jongkok Sendiri di Rumah, Bisa Melancarkan BAB

Pemantiknya adalah dua laporan hasil riset uji kontaminasi mikroplastik pada air keran (tap water) dan pada air minum dalam kemasan plastik pada 2018. 

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), data awal seputar kontaminasi mikroplastik pada air minum dalam wadah botol plastik banyak merujuk pada hasil riset Departemen Kimia, State University of New York at Fredonia, Amerika Serikat. 

Dari riset itulah kemudian bermunculan banyak penelitian sejenis, berikut gunungan pertanyaan, dan juga kecemasan, atas dampak kontaminasi mikroplastik dalam air minum pada tubuh manusia. 

Baca Juga: Cus! Ratusan Warga Bojongherang Cianjur Antusias Ikuti Vaksinasi Covid-19

Baca Juga:  24 Orang Calon PMI Ilegal Diselamatkan Polisi Lampung dari TPPO

Riset dari Fredonia itu, hasilnya terbit pertama kali dengan judul “Synthetic Polymer Contamination in Bottled Water” di jurnal Frontier in Chemistry pada September 2018, mencakup uji kontaminasi mikroplastik atas 11 merek air minum kemasan botol plastik di sembilan negara, termasuk air minum merek Aqua dari Indonesia. 

Kenapa Aqua? Kenapa Indonesia? Laporan menyebut pemilihan sampel mempertimbangkan tiga faktor utama, yakni keragaman geografis, pangsa pasar air kemasan (lima yang terbesar termasuk China, Amerika, Brazil, India, Indonesia), dan tingkat konsumsi perkapita air kemasan (yang tertinggi termasuk di Lebanon, Meksiko, Thailand dan Amerika). 

Khusus untuk parameter pangsa pasar air kemasan, laporan menyisipkan statistik ranking penjualan masing-masing merek di level lokal dan global. Aqua digambarkan sebagai merek dengan angka penjualan tertinggi di Indonesia, sekaligus yang ketiga di level dunia. 

Baca Juga: Ditjen PPKTrans Gandeng BUMD NTT Kembangkan Energi Listrik Biomassa di Kawasan Transmigrasi

Dalam soal volume, penjualan Aqua di Indonesia menempatkan perusahaan, menginduk ke raksasa air berbasis Perancis, Danone, di peringkat keempat dunia. 

Sekaitan itu, disebutkan pula bahwa riset menggunakan sampel air minum botol Aqua dalam berbagai ukuran yang dibeli dari tiga kota, yakni Medan, Bali dan Jakarta. 

Pada intinya, penelitian berujung temuan bahwa 93% dari total 259 botol sampel air minum kemasan yang diuji menunjukkan “sejumlah tanda telah terjadi kontaminasi mikroplastik”. 

Baca Juga: Ini Dia Manfaat Mangga Muda Sebagai Buah yang Identik Dengan Ibu Hamil Ngidam

Baca Juga:  IKA Muda Unpad Sebut Milenial dan Gen Z di Jabar Menaruh Harapan Besar ke Ganjar Pranowo, Ternyata...

Dengan bantuan program komputer, riset menghitung ukuran, konsentrasi dan jenis mikroplastik pada semua sampel. Dari situ diketahui rata-rata ada 10,4 partikel mikroplastik dengan ukuran di atas 10 mikrometer per liter dalam setiap botol sampel. 

Sementara itu, pemeriksaan dengan mikroskop FTIR mengon rmasi partikel renik yang berhasil diidentifikasi adalah polimer plastik dengan jenis yang paling dominan adalah polypropylene -jamak digunakan sebagai bahan baku produksi tutup botol air minum kemasan. 

Dalam bagian akhir, laporan mempertimbangkan fakta belum ada penelitian yang konklusif terkait dampak kontaminasi mikroplastik pada manusia dan fenomena masifnya konsumsi air minum kemasan di seluruh dunia. 

Baca Juga: Peringati Hari Dharma Karyadhika, Lapas Purwakarta Berziarah ke Taman Makam Pahlawan

Lantaran itulah, riset kemudian merekomendasikan pengurangan produksi dan konsumsi air minum kemasan botol plastik, utamanya untuk mereka yang tinggal di wilayah dimana masih tersedia air keran yang bersih dan sehat. 

Masih dalam laporan yang sama, peneliti menyebut hanya ada sedikit penelitian kontaminasi mikroplastik dalam air minum kemasan yang telah dipublikasikan di Indonesia. 

Ini paradoks mengingat Indonesia adalah produsen sampah plastik terbesar kedua di dunia, memiliki 1.145 produsen air minum kemasan yang tersebar di seantero negeri, dengan tingkat konsumsi air minum kemasan mencapai 26,2 miliar liter pada tahun 2016.***