Presiden Terima Anugerah ‘Pinisepuh’ Paguyuban Pasundan

JABARNEWS | BANDUNG – Presiden RI Joko Widodo menerima penganugerahan sebagai Pinisepuh Paguyuban Pasundan dari Paguyuban Pasundan di Komplek Perkantoran Paguyuban Pasundan, Kota Bandung, Minggu (11/11/2018).

Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Ketua Umum Paguyuban Pasundan Didi Turmuzi, ditandai dengan penyematan Pin Kujang Emas dan pemberian cenderamata.

“Saya ucapkan terimakasih. Tentu saja saya merasa terhormat diberikan anugerah ini,” ungkap Jokowi.

Presiden mengatakan meskipun mendapat anugerah gelar itu, ia akan tetap fokus dan konsentrasi terhadap pekerjaan-pekerjaan yang belum diselesaikan, khusunya di Jawa Barat.

Menurutnya, masih banyak pekerjaan besar di wilayah Jawa Barat yang harus diselesaikan, seperti; Tol Cisumdawu (Cileunyi-Sumedang-Dawuan), Tol Bocimi (Bogor-Ciawi-Sukabumi), serta pembangunan waduk.

Baca Juga:  Penjelasan Kepolisian Terkait Video Viral Mobil Menabrak Polisi

“Dengan ini, saya akan tetap fokus dan konsentrasi dengan pekerjaan yang belum saya selesaikan, terutama di Jawa Barat. Kita masih ada Tol Cisumdawu, Tol Bocimi, Waduk yang belum selesai. Jadi masih banyak yang harus diselesaikan,” tuturnya.

Ketua Umum Paguyuban Pasundan, Didi Turmuzi mengatakan gelar Pinisepuh diberikan kepada orang-orang yang penuh pengabdian dan berjasa pada negara dan bangsa. Didi menuturkan, kiprah Jokowi dalam memperkaya kehidupan budaya nasional terutama budaya Sunda telah memberikan kesempatan yang masyarakat untuk bisa hidup layak, berkembang dalam masyarakat.

“Alasannya, masyarakat pasundan adalah masyarakat yang terbuka, positif, husnuzon. Jadi siapapun yang berbeda suku dan agama adalah saudaranya, terlebih Pak Jokowi adalah presiden yang telah membangun infrastruktur di Jawa Barat,” papar Didi.

Baca Juga:  Dorong Transparansi Publik, Satgas: Pemerintah Tak Tutupi Data Covid-19

Kontribusi Paguyuban Pasundan di bidang budaya dan pendidikan sudah tercatat dan diakui masyarakat. Kekayaan yang dikelola Paguyuban Pasundan mencakup antara lain; Perguruan Tinggi, Sekolah dan Koperasi yang tidak hanya menyumbang tenaga-tenaga terdidik bagi pembangunan daerah, tetapi juga menciptakan lapangan kerja tanpa tergantung kepada pihak-pihak ketiga.

Tak lupa, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengucapkan selamat dan menuturkan harapannya agar ke depan Presiden Jokowi terus berkunjung ke Provinsi Jawa Barat dan memberikan nasihat serta arahan kepada masyarakat Jawa Barat agar bisa terus berkembang.

Baca Juga:  Klub Asal Thailand Muangthong United Tertarik Boyong Febri Hariyadi

“Dengan semangat silih asah, silih asuh, silih asih kami ingin membangun Jawa Barat Juara Lahir Batin, oleh karena itu kami ingin menyukseskan Nawacita di bidang budaya,” kata Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil.

“Sebagai Pinisepuh Paguyuban Pasundan, kiranya Bapak Presiden dari waktu ke waktu berkenan terus berkunjung ke Jawa Barat dan memberikan nasehat, arahan serta tegur sapa agar Paguyuban Pasundan sebagai organisani Masyarakat tertua di bumi Pasundan lebih berkembang lagi,” harapnya. (Humas Prov Jabar)

Jabarnews | Berita Jawa Barat