Refleksi Hari Lahirnya Pancasila Saat Pandemi Corona

JABARNEWS | KARIKATUR – Peringatan hari lahirnya Pancasila yang jatuh pada 1 Juni 2020, diperingati dalam kondisi ditengah situasi sulit akibat pandemi virus Covid-19. Ditengah perekonomian yang nyaris lumpuh, disaat masyarakat dihimbau untuk tetap di rumah dan mengurangi aktifitasnya di tengah keramaian.

Hari ini, bangsa Indonesia merayakan hari lahirnya Pancasila. Indonesia sebagai negara besar membutuhkan pengikat persatuan dan kesatuan. Ini penting karena kebhinekaan yang dimiliki Indonesia sangat beragam dan kompleks. Selama ini peran pengikat itu dilakukan dengan sangat baik oleh dasar negara kita yaitu Pancasila.

Baca Juga:  Alhamdulillah, Tidak Ada Lagi Pasien Positif Covid-19 di Kota Tasikmalaya

Pemerintah bersama stakholder diharapkan mampu merumuskan kebijakan dan mengambil tindakan tepat, dan menyeluruh atas beban yang dihadapi masyarakat disaat pandemi.

Peringatan hari lahirnya pancasila dalam situasi berkembangnya wabah virus Covid-19 ini semua pihak diuji. Tentang apakah nilai-nilai Pancasila telah mendarah daging dalam setiap individu, atau hanya sekedat bahasa lisan dan seremonial semata.

Jika kita mampu menggapai kedalaman makna pancasila hingga diamalkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, niscaya kita semua akan menjadi pribadi individu yang peka terhadap suatu keadaan. Atau menjadi pribadi yang lebih peduli terhadap lingkungan dan sesama. (Dod)