Resep Balado Kentang Mustofa Cocok Untuk Hidangan Saat Lebaran

JABARNEWS | BANDUNG – Balado Kentang mustofa merupakan salah satu hidangan makan yang seringkali kita jumpai ketika Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri 1442.

Selain itu, Makanan yang memiliki tekstur garing dan memiliki sensasi pedas ini cocok untuk menjadi pelengkap di setiap hidangan makanan seperti semur daging maupun rendang ketika lebaran tiba.

Oleh sebab itu Berikut cara membuat Balado Kentang Mustofa:

Bahan dan bumbu : 1. satu kg kentang, 2. satu setengah sdt garam, 3. tiga sdm gula pasir, 4. dua sdm minyak untuk menumis bumbu, 5. satu liter minyak atau secukupnya untuk menggoreng kentang, 6. 15 buah cabe merah dibuang biji (Halus),7. Delapan siung bawang putih (Halus)

Baca Juga:  BPJS Kesehatan Mencatat 300 Ribu Peserta di Cianjur Menunggak Pembayaran

Cara membuat :Pertama. Kupas kulit kentang dan cuci bersih, potong-potong menggunakan alat pemotong kentang yang diserut atau potong manual bentuk korek api kemudian cuci bersih. Rendam dengan air secukupnya campur 1 sdt garam hingga kentang terendam, aduk-aduk rata lalu diamkan selama 30 menit untuk mengeluarkan getah kentang. (Jika tidak menggunakan air garam, cuci bersih kentang hingga air bekas cucian kentang telah jernih).

Kedua. Panaskan minyak yang banyak di atas api sedang. Setelah cukup panas ambil segenggam kentang dari rendaman tadi, sambil digoyang-goyang sedikit untuk meniriskan air lalu masukkan dalam penggorengan hingga kentang terendam minyak.

Baca Juga:  Simak! Ini Tarif Terbaru Tol Cipularang dan Padaleunyi

Ketiga. Jangan diaduk-aduk saat kentang masih lembek agar tidak saling menempel dan mudah patah, biarkan kentang agak mengering di bagian bawah kemudian baru dibalik dan masak hingga bagian yang lain agak kering.

Keempat. Selanjutnya boleh sesekali diaduk sambil memisahkan kentang yang saling menempel, goreng hingga kering dan garing berwarna kuning keemasan. Angkat dan tiriskan lalu masukkan dalam wadah yang dialasi tisu atau kertas untuk membantu menyerap minyak. Lanjutkan menggoreng sisa kentang dengan cara yang sama sampai habis.

Kelima. Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga harum, beri garam dan gula pasir lalu aduk-aduk hingga bumbu matang dengan api kecil agar bumbu tidak menggumpal.

Baca Juga:  Oded M Danial: Umrah Itu Keluar Negeri, Pasti Ada Karantina

Keenam. Masukkan kentang goreng sedikit demi sedikit sambil diaduk rata, setelah semua kentang sudah dimasukkan jangan berhenti diaduk-aduk sampai tercampur rata dan kering serta tidak ada bumbu yang menggumpal.

Ketujuh. Tips dan trik selanjutnya adalah matikan api kompor, tetapi kita masih terus harus mengaduk-aduknya hingga wajannya atau penggorengan sudah mulai tidak panas lagi sehingga kentang benar-benar renyah di wajan. Angkat dan siap untuk disajikan serta simpan dalam wadah kedap udara. (Red)