Sering Merasakan Kram Pada Bagian Rahang? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

JABARNEWS | BANDUNG – Ternyata, otot kaku atau kram bukan cuma bisa terjadi pada leher, pundak, atau kaki saja. Otot rahang pun bisa terasa kaku hingga membuat Anda tak nyaman untuk beraktivitas.

Saat mulut dibuka, maka rahang akan terasa kaku dan nyeri. Hal tersebut biasanya terjadi karena kram pada bagian rahang.

Oleh sebab itu dilansir dari banyak sumber kami berhasil merangkum beberapa penyebab kram rahang yakni:

Baca Juga:  Positif Covid-19, Rumah Driver Bank Sumut Sialang Buah Disemprot Disinfektan

Pertama. Kelainan sendi rahang – Temporomandibular joint (TMJ disorder) atau kelainan sendi rahang dapat memengaruhi sendi yang menghubungkan antara tengkorak dengan rahang bawah, serta otot-otot di sekitarnya.

Menurut drg. Callista Argentina dari KlikDokter, penderita gangguan ini akan sering merasa mendengar bunyi “klik” saat membuka dan menutup mulut, hingga menimbulkan sakit kepala.

Kedua. Sering menggertakkan gigi – Kebiasaan menggemeretakkan gigi bisa disebut juga sebagai bruxism. Menurut drg. Callista, kebiasaan ini dapat berdampak buruk bagi kesehatan, yaitu menimbulkan kerusakan pada lapisan atau permukaan gigi, gigi patah, dan gangguan pada sendi rahang.

Baca Juga:  Pemkab Serdang Bedagai Usut Temuan Bangkai Berserakan di Sungai

Bruxism juga sering terjadi tanpa Anda sadari. Kondisi ini kerap timbul ketika Anda sedang tidur. Selain itu, kebiasaan menggertakkan gigi dan mengencangkan rahang juga bisa dipicu rasa stres atau cemas berlebih.

Ketiga. Stres dan gangguan kecemasan – Stres sepertinya memang menjadi akar permasalahan dari segala ketegangan dan nyeri, termasuk pada rahang Anda. Sebab, stres akan memicu Anda untuk terus menggertakkan gigi dan mengencangkan rahang.

Baca Juga:  Satpol PP Bandung: Rp47 Juta Dikumpulkan Dari Pelanggar Protokol Kesehatan

Jika itu terus dilakukan dalam waktu cukup lama, maka yang terjadi selanjutnya adalah otot rahang menjadi kaku. Bahkan, tak cuma otot rahang yang kaku, leher dan bahu pun bisa turut merasakan hal serupa. (Red)