Simak! 3 Cara Ini Bisa Jadi Solusi Agar Layar Sentuh Ponsel Tak Mudah Rusak

JABARNEWS | BANDUNG – Setiap orang saat ini hampir memiliki smartphone atau ponsel pintar dengan dilengkapi layar sentuh (touch screen) yang cukup canggih.

Ternyata ada beberapa cara agar layar sentuh ponsel pintar kita tidak mudah rusak. Lakukan beberapa hal ini agar gadget kita awet dan tidak cepat rusak.

Tidak begitu sulit untuk melakukan perawatan terhadap smartphone. Kita tinggal melakukan beberapa hal mudah yang ditulis dalam artikel ini.

Hal yang paling utama agar layar ponsel aman adalah hindari meletakkan ponsel di tempat yang rawan terbentur atau jatuh.

Baca Juga:  Hari Terakhir Libur Nataru, Tol Cikampek Arah Jakarta Padat

Hindari juga menaruh ponsel di tepi meja, karena jika jatuh dalam jarak yang cukup tinggi, layar bisa retak dan hal itu tentunya akan membuat kita kesal.

Selain itu, ada beberapa tips praktis merawat layar sentuh ponsel agar tidak mudah rusak. Berikut tiga cara merawat layar sentuh ponsel seperti dikutip dari laman Wikihow.

Gunakan Kaca Pelindung – Pengguna perlu melindungi layar ponsel dengan kaca pelindung atau tempered glass screen protector. Kaca lentur ini mampu melindungi layar ketika jatuh atau tergores.

Baca Juga:  Pemerintah Akan Tanggung Anak dengan Gagal Ginjal Akut, Ini Syaratnya

Selain itu manfaat dari tempered glass bisa untuk keamanan, mengurangi risiko cedera karena sifatnya yang membelah menjadi potongan kecil bukan pecahan tajam.

Kemudian berkat proses pemanasan dan penerapan bahan kimia yang baik maka tempered glass bisa memperkuat kaca ponsel.

Rutin Bersihkan dengan Kain Halus – Lebih lanjut pengguna juga perlu secara rutin membersihkan layar ponsel dengan kain halus seperti microfiber cloth. Kain yang biasa digunakan untuk mengelap kacamata juga bisa diaplikasikan. Sebelum mengelap layar, pastikan layar smartphone sudah dinonaktifkan.

Baca Juga:  Tahun Depan, Penyaluran DD Desa Mandiri Bakal Dua Tahap

Ketika mengelap layar, disarankan melakukan gerakan memutar untuk menghasilkan daya pembersihan yang maksimal. Apabila benar-benar diperlukan, kain pembersih bisa dibasahi dengan cairan khusus.

Pakai Pelindung Bodi Ponsel – Setiap ponsel yang hadir di pasaran umumnya memiliki aksesori seperti softcase atau pelindung bodi. Pengguna bisa menggunakan pelindung bodi ponsel tersebut untuk berjaga-jaga apabila ponsel jatuh ke lantai. Menggunakan pelindung atau silicon case bisa membantu meredam benturan keras pada layar sentuh ponsel. (Red)