Simak, Ini Kiat Aman Rekreasi ke Pantai di Masa Pandemi

JABARNEWS | BANDUNG – Banyak orang mulai bosan dengan situasi pandemi Covid-19 karena harus tinggal di rumah saja. Di masa libur panjang seperti akhir Oktober 2020 ini, masyarakat pun mencari hiburan dengan pergi ke tempat rekreasi, termasuk pantai.

Meski demikian, memperhatikan protokol kesehatan selama liburan di pantai pun harus dilakukan sebab kita tidak pernah tahu apakah tempat tersebut aman dari penyebaran virus corona atau tidak. Untuk tetap aman selama di pantai, situs CNBC dan Forbes membagikan beberapa tips.

Baca Juga:  Kemenhub: Sebagian Masyarakat Akan Tetap Bersikeras Mudik

Hindari mengunjungi pantai yang penuh wisatawan – Anda tentu tahu berkerumun sangat tidak disarankan selama pandemi Covid-19. Untuk alasan tersebut, hindari mengunjungi pantai yang dipenuhi wisatawan. Hal tersebut bisa dicek lewat kemudahan mencari tempat parkir. Jika merasa kesulitan, artinya pantai tersebut sudah dipenuhi banyak orang. Itulah saatnya untuk pindah dan mencari tempat yang lebih sepi agar lebih aman.

Jangan berenang – Sangat disarankan untuk tidak berenang selama di pantai. Meski CDC mengatakan bahwa belum ada bukti yang menunjukkan virus corona dapat tinggal di air, risikonya menjadi besar jika ada banyak orang yang berenang juga tanpa jaga jarak. Terlebih jika Anda melakukan kontak dan tak sengaja meminum air. Untuk alasan tersebut, aktivitas lain yang bisa dijadikan alternatif dapat berupa berjemur atau barbekyuan.

Baca Juga:  Ramadan, Ada Event Pengganti Atraksi Air mancur Sri Baduga

Jangan meminjam barang – Tidak disarankan pula untuk meminjam barang. Contohnya papan selancar, kursi santai, payung, dan peralatan lain yang umum disewakan di pantai sebab kita tidak tahu bagaimana higienitas pemberi jasa maupun orang yang sebelumnya meminjam barang tersebut. Sebaliknya, siapkan semua peralatan dari rumah. Meski sedikit merepotkan, namun ini untuk kebaikan dan kesehatan.

Baca Juga:  Kabupaten Bekasi Kembali Tegaskan Larangan Gelar Resepsi Pernikahan

Jangan menyentuh banyak hal dan selalu pakai masker – Walaupun di pantai, Anda tetap diwajibkan menerapkan tata cara bepergian selama pandemi Covid-19, termasuk menghindari menyentuh banyak hal dan selalu pakai masker. Jika tak sengaja memegang fasilitas umum, maka disarankan untuk langsung cuci tangan pakai sabun dengan air atau menggunakan hand sanitizer berbahan dasar alkohol. (Red)