Tiga Kesalahan Berkebun Yang Jarang Disadari, Simak!

JABARNEWS | BANDUNG – Belakangan ini berkebun menjadi salah satu kegiatan yang diminati oleh beberapa orang. Meskipun terlihat menyenangkan dan mudah, rupanya kegiatan ini juga butuh ketelitian agar terhindar dari kesalahan yang akan berpengaruh pada hasil kebun kita.

Sejatinya, kesalahan merupakan bagian dari proses pembelajaran. Tetapi, tentu saja kita tidak mau terlalu larut dalam kesalahan kecil yang tidak disadari. Maka dari itu kalian mesti mengetahui kesehatan ketika berkebun yang jarang disadari.

Berikut beberapa kesalahan saat berkebun yang jarang disadari yakni:

Baca Juga:  Awas! Nekat Mudik Pakai Travel Gelap, Ini Risikonya

Pertama. Membuat gundukan mulsa berbentuk gunung – Sudah menjadi hal umum, ketika di area perkebunan kita melihat ada gundukan mulsa yang berbentuk gunung. Seperti yang kita ketahui bahwa fungsi dari mulsa yaitu menahan kelembaban pada batang tanaman.

Hal tersebut akan memicu pembusukan. Bagian tanaman yang membusuk akan mengundang serangga dan penyakit untuk masuk. Untuk itu, letakkan mulsa tersebut dengan baik.

Kedua. Tidak menanam bunga untuk menarik penyerbuk – Tanaman membutuhkan penyerbukan untuk menghasilkan buah dan biji. Beberapa tanaman melakukan penyerbukan sendiri, tetapi banyak tanaman yang membutuhkan hewan penyerbuk seperti lebah dan kupu-kupu untuk membawa serbuk sari dari tanaman ke tanaman.

Baca Juga:  Ajaib, Inilah Manfaat Dari Kulit Kayu Pinus Bagi Kesehatan

Untuk itu, tanam berbagai tanaman ramah penyerbuk di kebun anda seperti catmint, lavender, dan tanaman herbal seperti thyme, fennel, dill, juga oregano. Maka dari itu hal ini bisa menjadi pengetahuan baru bagi kalian.

Ketiga. Meletakkan satu jenis tanaman berbaris – Di satu sisi, peletakan tanaman sejenis dengan cara berbaris mampu membuat tampilan yang rapi nan indah. Tetapi, rupanya hal itu menjadi ide buruk dan suatu kesalahan yang tidak disadari oleh pekebun.

Baca Juga:  Toko Kelontong Nyambi Jual Miras, Kena Razia Satpol PP Deh!

Cara menanam model ini perlu dipertimbangkan, pasalnya ketika hama dan penyakit menyerang, maka kamu akan kehilangan seluruh tanaman tersebut dalam satu baris. Solusinya, dalam satu baris, kamu sebaiknya menanam jenis tanaman yang berbeda yang tentunya tidak saling merugikan. (Red)