Tiga Manfaat Kentang Rebus Bagi Kesehatan Tubuh

JABARNEWS | BANDUNG – Kentang menjadi salah satu sayuran favorit bagi banyak orang bukan hanya di Indonesia tapi juga di banyak negara lainnya. Bahkan kentang juga merupakan salah satu makanan pokok di negara-negara barat. 

Selain mudah ditemukan, kentang juga sangat mudah diolah sayur sup, kentang goreng, atau donat kentang. Selain lezat, kentang juga memiliki sejuta manfaat bagi kesehatan tubuh.

Oleh sebab itu berikut beberapa manfaat kentang rebus bagi kesehatan yakni:

Baca Juga:  Akhir Pekan, Penentuan Nasib Dua Penyerang Anyar Persib

Pertama. Meningkatkan Kesehatan Jantung – Manfaat kentang rebus yang pertama dapat meningkatkan kesehatan jantung. Manfaat kentang rebus ini dikarenakan adanya kandungan karotenoid di dalamnya yang dapat membantu menjaga fungsi jantung dengan baik.

Selain itu, vitamin C dan B6 yang terdapat dalam kentang juga dapat membantu mengurangi radikal bebas pada sel jantung dan sel-sel tubuh lainnya. Vitamin B6 juga memiliki peranan penting dalam proses di dalam tubuh bernama proses metilasi.

Baca Juga:  Jazilul Fawaid: Hari Santri Momen Perkuat nilai-nilai Persatuan

Kedua. Mengontrol Berat Badan – Manfaat kentang rebus berikutnya yang paling umum diketahui adalah cocok untuk mendukung program penurunan berat badan. Mengkonsumsi kentang rebus sebagai makanan pokok tidak akan mengakibatkan penambahan berat badan. 

Justru sebaliknya, akan mengurangi berat badan, tetapi dengan ketentuan kentang yang direbus tersebut tidak ditambahkan garam, keju, ataupun mayones.

Baca Juga:  Bermain Lepas, Dua Pemain Muda Persib Dapat Komentar Positif

Ketiga. Mengandung Antioksidan – Kentang sangat kaya dengan senyawa flavonoid, karotenoid, dan asam fenolik. Ya, senyawa-senyawa ini berperan sebagai antioksidan di dalam tubuh yang akan mencegah radikal bebas muncul. 

Bahkan kumpulan radikal bebas diyakini sebagai salah satu faktor risiko dari berbagai penyakit kronis seperti jantung, diabetes, dan kanker. (Red)