Tiga Manfaat Makan Kaktus Bagi Kesehatan, Bisa Kendalikan Gula Darah

JABARNEWS | BANDUNG – Terdapat puluhan jenis kaktus yang bisa dimakan, salah satunya adalah kaktus nopales atau prickly pear yang sangat populer di Amerika Latin dan Meksiko.

Meski permukaannya dipenuhi duri tajam, tumbuhan ini diyakini memiliki manfaat bagi kesehatan. Sayangnya, banyak orang yang belum mengetahui manfaat kaktus kesehatan.

Oleh sebab itu berikut beberapa manfaat makan kaktus bagi kesehatan yakni:

Baca Juga:  Jangan Sampai Pasar Jadi Sarang Virus Corona, Uu Ruzhanul Berpesan Hal Ini

Pertama. Menurunkan risiko kanker – Sebuah penelitian yang dilakukan pada hewan menunjukkan bahwa kaktus dapat menghambat pertumbuhan tumor di dalam tubuh. Manfaat ini berasal dari kandungan antioksidan yang begitu beragam.

Dengan makan kaktus, salah satu manfaat yang Anda terima adalah mendapatkan antioksidan berupa pektin, karoten, asam askorbat, betalain, polifenol, dan asam galat.

Kedua. mengendalikan gula darah – Makan kaktus dinilai aman bagi penderita diabetes karena dapat membantu mengendalikan gula darah. Hal ini didukung oleh sebuah penelitian yang dimuat dalam jurnal ISRN Pharmacology.

Baca Juga:  Jelang Lawan Argentina, Shin Tae-yong Minta Anak Asuhnya Tak Tegang dan Gelisah

Penelitian tersebut menemukan bahwa ekstrak biji kaktus bisa menurunkan gula darah sekaligus meningkatkan glikogen pada otot dan hati. Manfaat makan kaktus yang satu ini akan semakin baik jika diimbangi dengan konsumsi obat-obatan sesuai dengan resep dokter.

Baca Juga:  Hari Ke-5 Penyekatan, Polresta Cirebon Putar Balik 6000 Kendaraan Mudik

Ketiga. menurunkan berat badan – Makan kaktus juga membawa manfaat untuk menurunkan berat badan. Kaktus dapat menurunkan berat badan dengan berbagai cara.

Kandungan vitamin B kompleks di dalamnya akan mempercepat laju metabolisme sehingga akan lebih banyak kalori yang dibakar. Kandungan serat pada kaktus dapat membuat Anda kenyang lebih lama dan mencegah makan berlebihan. (Red)