Tingkatkan Kualitas Guru, Nadiem Makarim Akan Ubah Kepala Sekolah

JABARNEWS | BANDUNG – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim mengatakan konsep kepala sekolah di Indonesia bakal berubah. Hal ini dalam rangka meningkatkan kualitas para guru.

“Konsep kepala sekolah baru kami adalah bukan kepala logistik atau operasi, tapi kepala peningkatan kualitas mutu guru. Dia adalah super mentor di masing-masing sekolah,” katanya Nadiem Makarim dalam program Ini Budi: Reformasi Pendidikan Mas Menteri di Masa Pandemi yang ditayangkan di akun YouTube Tempodotco, Sabtu (11/7/2020).

Baca Juga:  Polisi Tetapkan Tersangka Pada Tiga Wanita yang Gunting Bendera Merah Putih

Kepala sekolah dengan kualifikasi super mentor ini bisa didapatkan lewat program Guru Penggerak. Program ini akan mencari bibit-bibit guru berkualitas yang memiliki jiwa kepemimpinan dan mentoring. Mereka yang terpilih akan disiapkan untuk menjadi kepala sekolah, pengawas sekolah, dan pengajar di sekolah pelatihan guru di masa depan.

Nadiem menuturkan konsep ini belum terjadi di Indonesia dan banyak negara lain. Namun di negara-negara dengan kualitas pendidikannya yang lebih baik, tugas utama kepala sekolah adalah membina guru bukan sekadar mengurusi masalah keuangan atau administratif.

Baca Juga:  Yamazaki Konfirmasi Film Kingdom Akan Dapatkan Sekuel Baru

Ia menjelaskan untuk meningkatkan kualitas guru Indonesia tidak bisa menggunakan cara lama yang hanya mengumpulkan mereka di satu tempat, diberikan seminar, lalu pulang ke rumah masing-masing. Satu-satunya cara untuk mengangkat kualitas guru harus ada sosok pemimpin yang bisa membimbing dan menginspirasi di sekolah.

Baca Juga:  Bela Rizky Billar, Aldi Taher Minta Publik Tak Dukung Lesti Kejora

Nadiem Makarim mengatakan Kemendikbud akan melakukan rekrutmen nasional dengan skala besar untuk menemukan bibit-bibit guru berkualitas ini. Program Guru Penggerak terbuka untuk semua guru baik yang berstatus PNS, guru swasta, maupun honorer.

“Kami gak melihat dari umur, status, PNS atau apa saja, yang penting adalah kualitas dan passion-nya dia apa. Minat di dalam hati dia apa, apakah akan selalu mengutamakan anak,” kata Nadiem Makarim. (Red)