Tips Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Si Kecil

JABARNEWS | BANDUNG – Selain dapat membuat si kecil kesulitan bernapas dan nafsu makan menurun, hidung tersumbat tentunya akan membuat bayi menjadi rewel.

Kondisi seperti ini pada umumnya tidaklah mengkhawatirkan dan akan sembuh dengan sendirinya. Namun jika si kecil menjadi tidak ingin makan, tentu akan membuat Anda cemas. Lantas bagaimana cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi?

Berikut di bawah ini adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi hidung tersumbat pada bayi, di antaranya:

  • Gunakan Obat Saline Pada Hidung

    Saline adalah obat semprot hidung (sering juga disebut nasal spray) yang aman digunakan untuk bayi, balita, dan anak-anak. Obat ini bekerja dengan cara mengurangi produksi lendir yang menyumbat hidung. Agar si kecil nyaman, gunakan obat ini ketika ia sedang berbaring. Selanjutnya, dongakkan sedikit kepala anak dan semprotkan obat sebanyak 2-3 kali melalui lubang hidung si kecil. Selain obat semprot saline, Anda bisa juga menggunakan saline dalam bentuk obat tetes, untuk mengurangi lendir dan mengatasi hidung tersumbat pada bayi. Baringkan bayi dan dongakkan kepalanya. Kemudian, teteskan obat sebanyak 2-3 kali ke masing-masing lubang hidung dan tunggu sampai 60 detik. Biasanya, setelah itu lendir akan keluar dan bayi akan bersin atau batuk.
  • Sedot Ingus Bayi Dengan Bulb Syringe

    Bulb syringe atau penyedot ingus bayi bisa Anda gunakan jika lendir tak kunjung keluar setelah menggunakan obat tetes atau semprot. Cara mengatasi hidung tersumbat yang satu ini cocok bagi bayi yang masih berusia di bawah 6 bulan. Jadi, setelah menggunakan obat tetes, supaya lendir cepat keluar Anda bisa menyedotnya dengan alat ini. Pertama, Anda bisa memencet bagian yang menggembung pada alat. Kemudian, masukkan pipet ke dalam lubang hidung dan lepaskan bagian yang menggembung. Dengan begitu, ingus akan tersedot ke dalam alat dan membuat si kecil terbebas dari hidung yang mampet.
  • Bersihkan Ingus Dan Lendir Pada Hidung Bayi

    Saking banyaknya ingus di dalam hidung bayi, lendir akan keluar dan menempel di area luar hidung. Jika tidak dibersihkan, lendir akan mengeras dan membuat bayi semakin sulit bernapas. Untuk mengatasinya, Anda bisa membersihkan ingus di area luar hidung dengan tisu atau kapas yang sudah dibasahi sedikit dengan air hangat. Hal ini membuat ingus yang mengeras jadi lebih mudah dibersihkan.
  • Menyalakan Mesin Pelembap Udara (humidifier)

    Cara lain untuk mengatasi hidung tersumbat pada bayi adalah dengan menggunakan mesin pelembap udara atau humidifier. Alat ini akan membuat udara di ruangan menjadi hangat dan lembap, sehingga lendir tidak mengeras di dalam hidung. Jika cara ini tak berhasil, Anda juga bisa menggunakan nebulizer yang cukup mampu mengatasi lendir yang menggumpal di dalam hidung.
  • Tepuk Punggung Bayi Dengan Pelan

    Biasanya, bayi yang hidungnya tersumbat akan rewel dan tidak nyaman. Untuk membuatnya nyaman, Anda bisa menepuk-nepuk bagian belakang bayi secara perlahan. Jadi, buat si kecil tengkurap kemudian tepuk perlahan punggungnya. Cara ini juga membantu lendir-lendir yang menyumbat keluar dari dalam hidung.
  • Atur Posisi Tidur Si Kecil

    Buat ia lebih nyaman ketika hidungnya tersumbat dengan cara meninggikan posisi kepalanya. Posisi kepala yang lebih tinggi membuat si kecil lebih mudah menghirup udara. Selain itu, posisi ini juga membuat lendir tidak menggumpal di dalam hidung.

Itulah tadi beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi hidung tersumbat pada bayi. Selain beberapa hal yang telah disebutkan di atas, jangan lupa untuk memenuhi kebutuhan cairan bayi, supaya lendir tidak menyumbat pernapasan. Semoga tips di atas dapat bermanfaat bagi Anda. (Fin)

Sumber artikel ini diambil dari Hellosehat

Jabarnews | Berita Jawa Barat

Baca Juga:  Ditemukan Dalam Keadaan Meninggal Dunia, Jenazah Eril Akan Tiba di Indonesia Minggu