Tuntut Pekerjaan di Pabrik Sepatu, Warga Blokir Jembatan di Karawang

JABARNEWS | KARAWANG – Warga memblokir jalan di jembatan yang menuju pabrik sepatu di Desa Gintungkerta, Kecamatan Klari, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Jumat (27/8/2021). 

Blokir jalan itu dilakukan sebagai bentuk protes warga untuk menuntut perusahaan mempekerjakan warga sekitar dengan kuota yang lebih besar lagi. 

Aksi blokade jalan tersebut sempat menimbulkan kemacetan dan menghalangi karyawan yang akan masuk bekerja. Warga berteriak meminta pihak perusahaan agar menemui mereka dan mendengarkan aspirasi warga. 

Baca Juga:  Minggu Pagi, Gunung Anak Krakatau Erupsi, Tinggi Semburan Abu Capai 2.000 Meter

“Aksi ini kami lakukan karena perusahaan yang beroperasi di desa kami tidak peduli dengan warga sekitar. Seharusnya banyak warga bisa mendapat pekerjaan,” kata salah seorang warga, Ato (50).

Baca Juga:  Markus Nari, Terpidana Kasus E-KTP Dieksekusi KPK ke Lapas Sukamiskin

Menurut Ato, warga Desa Gintungkerta banyak yang menjadi pengangguran, sementara di sekitarnya berdiri pabrik sepatu. Seharusnya, kata dia, pihak perusahaan bisa memberikan pekerjaan untuk warga sekitar pabrik. 

“Memang ada warga yang bekerja di perusahaan tapi jumlahnya sangat sedikit. Kita minta lebih banyak lagi kuota untuk warga kami,” ujarnya.

Baca Juga:  Soal Kejelasan DP Nol Persen Buat Kendaraan Baru, Ini Kata Sri Mulyani

Aksi demo itu berlangsung sekitar satu jam dan warga membubarkan diri. Mereka mengatakan akan melakukan aksi penutupan jalan lagi jika pihak perusahaan tidak mengakomodasi permintaan mereka. 

“Kalau aspirasi kami tidak didengar ya kita aksi lagi dengan jumlah warga yang lebih banyak,” katanya. (Red)