Usai di Debat Capres Ketiga: Elektabilitas Prabowo Melesat, Anies dan Ganjar Malah Rontok

Prabowo Subianto
Capres dari Koalisi Indonesia Maju, Prabowo Subianto. (foto: istimewa)

JABARNEWS | BANDUNG – Indonesia Polling Stations (IPS) merilis survei terbaru terkait elektabilitas calon presiden dan calon wakil presiden.

Dari 3 calon, paslon nomor urut 2, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka melesat berada di posisi teratas, disusul paslon nomor 1, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar lalu paslon 3, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD.

Baca Juga:  Anis Baswedan dapat Dukungan dari Komunitas Tuna Netra Purwakarta

“Ketika IPS mengajukan pertanyaan kepada responden, jika saat ini dilaksanakan pemilihan presiden (Pilpres) siapakah yang akan dipilih dari tiga pasangan calon (paslon) presiden-wakil presiden yang ada saat ini. Hasilnya, sebanyak 51,8% responden menjatuhkan pilihannya pada Prabowo-Gibran,” kata Peneliti Indonesia Polling Stations (IPS) Alfin Sugianto saat merilis survei secara daring, Selasa (16/1/2024).

Baca Juga:  Polresta Deli Serdang Gerebek Kampung Narkoba Sibiru Biru

“Sedangkan Anies-Muhaimin hanya dipilih 21,3% responden, sementara Ganjar-Mahfud kian terbenam dengan elektabilitas 19,2% saja. Warga yang belum bisa membuat keputusan (undecided) tinggal 7,7%,” tambahnya.

Baca Juga:  Buntut Pembatalan Acara Anies di Bandung, Ombudsman Panggil Pj Gubernur Jawa Barat

Dia menjelaskan, rontoknya elektabilitas pasangan Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud MD menurut analisis IPS memiliki korelasi dengan debat capres pada tanggal 7 Januari 2024 lalu.