Usai Terpilih Jadi Ketua KPPU, Fanshurullah Fokus ke Tiga Sektor Utama Ini

KPPU
Ketua Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) terpilih, M Fanshurullah Asa. (Foto: Istimewa).

JABARNEWS | BANDUNG – Ketua Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) terpilih, M Fanshurullah Asa mulai melaksanakan komitmen program 100 hari kerjanya dengan berbagai inisiatif pada tiga sektor utama.

Ketiga sektor utama ini yakni energi (minyak dan gas), pasar digital, dan ketahanan pangan.

Baca Juga:  Pertahankan Ketahanan Pangan, Desa Wangunjaya Cianjur Tanam Padi dan Pohon

Fanshurullah mengatakan bahwa pada sektor minyak dan gas, KPPU telah menyampaikan rekomendasi kepada Menkomarves melalui surat saran dan pertimbangan pada tanggal 29 Januari 2024 untuk beberapa perbaikan dalam penyediaan dan pendistribusian BBM Penerbangan guna meningkatkan kinerja pasar tersebut.

Baca Juga:  Ketahanan Pangan Jawa Barat Diklaim Aman, Herry Dermawan Justru Mempertanyakan Nasib Para Petani

Hal ini ditujukan untuk menindaklanjuti temuan kajian KPPU yang menyimpulkan bahwa, pasar penyediaan BBM Penerbangan Indonesia memiliki struktur monopoli dan terintegrasi secara vertikal, sehingga mengakibatkan ketidakefisienan pasar dan berkontribusi pada harga BBM Penerbangan yang tinggi.

“Terdapat dua poin besar dalam rekomendasi KPPU kepada Menkomarves, yakni dorongan bagi implementasi open access pada pasar penyediaan dan/atau pendistribusian BBM Penerbangan, dan sistem multi provider BBM Penerbangan di bandar udara dengan kondisi-kondisi tertentu,” kata Fanshurullah dalam keterangan yang diterima, Rabu (7/2/2024).

Baca Juga:  Dear Buruh! Ini Janji Ganjar Pranowo Jika Terpilih Jadi Presiden